Cara Merawat Aquarium Ikan Hias Air Tawar

cara merawat aquarium ikan hias

Perawatan aquarium ikan air tawar seperti ikan cupang, guppy, goldfish, dll bisa dibilang lebih mudah dibandingkan dengan perawatan aquarium ikan laut. Pada dasarnya alat-alat yang dibutuhkan terdiri dari beberapa bebatuan, filter dan penerangan cahaya.

Berikut cara merawat aquarium ikan hias air tawar kesayangan anda :

1. Pemilihan ikan yang tepat

Saat memilih ikan, sangat penting untuk memastikan ikan hias yang cocok dengan aquarium yang akan ditempatinya selain itu juga harus cocok dengan pH dan suhu air serta makanan yang dibutuhkan. Pilihlah ikan hias yang seukuran jika Anda memilih lebih dari satu jenis ikan, jangan sampai yang satu besar dan yang lainnya kecil karena kebanyakan ikan yang kecil menjadi santapan ikan yang besar.

2. Atur pemberian pakan

Pemberian makanan sebaiknya sehari dua kali. Berilah makanan dalam jumlah yang kecil yang masih bisa dimakan oleh ikan dalam waktu 2 sampai 5 menit. Pemberian makanan yang berlebihan merupakan kesalahan umum yang biasa dilakukan oleh fish lovers.

3. Perhatikan kebersihan dan pH air

Makanan yang tersisa sebaiknya langsung dibersihkan dengan menggunakan jala/jaring jika memungkinkan karena jika tidak akan menyebabkan aquarium cepat menjadi kotor. Air sebaiknya diuji keasamannya setiap dua minggu sekali. Jika ada perbedaan pH dan perbedaan suhu air sebaiknya dikoreksi secepatnya untuk meminimalisasi agar ikan tidak stres.

4. Pantau tanda stres pada ikan anda

Stres yang berkepanjangan akan menyebabkan ikan menjadi sakit. Sangat penting untuk selalu dapat memonitor aktivitas dan perilaku ikan dalam aquarium. Tanda-tanda ikan yang stres akan cukup jelas yaitu ikan bergerak lambat atau malas bergerak. Cobalah pisahkan ikan yang stres ke dalam aquarium lain yang traficnya tidak terlalu padat/tenang. Jika masih berlanjut cobalah untuk membeli obat stres yang ada di toko aquarium.

5. Rutin mengganti air

Gantilah air dalam aquarium setiap dua sampai tiga bulan sekali. Gunakan salah satu ember untuk mengeluarkan air dari tangki. Ketika menambahkan air yang baru ke dalam aquarium, jangan lupa untuk membersihkan alga-alga yang menempel pada dinding aquarium. Sekali lagi hati-hati agar tidak mengganggu ikan. Cucilah tangan Anda dengan teliti sebelum dan sesudah menangani aquarium.

6. Cek fungsi filter anda

Terakhir periksa rekomendasi pabrik untuk pengaturan pada filter. Filter berfungsi untuk mengumpulkan/menyaring semua sampah ikan yang terdapat dalam aquarium. Ikan hias akan selalu sehat jika aquarium dalam keadaan yang bersih.


Demikian ulasan kami mengenai cara merawat aquarium ikan hias air tawar kesayangan anda. Semoga bermanfaat.
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال

//Script Removing M=1