Ikan Bidadari Hidup Di Air Tawar

Angelfish ikan bidadari air tawar

Angelfish : Ikan bidadari merupakan ikan air tawar


Angelfish merupakan cichild family dan mungkin tidak sosiabel/bergaul dengan ikan yang lebih kecil daripadanya karena sifatnya juga yang tempramental. Diperkenalkan pada awal tahun 1823, dan banyak digemari oleh pecinta ikan.


Angelfish merasa nyaman di tempat yang agak hangat ditemani tanaman air dan bebatuan dan memiliki daerah terbuka untuk berenang kondisi ini adalah seperti dirumahnya. Terdapat dua jenis Angelfish, Petrophyllum scaalare dan Petrophylum altum. Petrophylum altum tergolong langka dan banyak ditangkap diperairan liar. Di sisi lain Petrophylum scalare sangat umum dan sudah lazim dipijahkan dengan berbagai varietas warna termasuk Silver Angelfish.

Silver Angelfish

Angelfish yang ditemukan di alam mempunyai ciri-ciri garis hitam dengan warna tubuh dominan silver. Beberapa mutasi yang ditemukan di alam juga ada yang tidak memiliki garis hitam, hitam solid, dan dalam bentuk renda.


Saat ini terdapat banyak warna dan varietas. Ini termasuk Silver Angelfish, Zebra Angelfish, Marble Angelfish, Veiltail Angelfish, Blushing Angelfish, dan bahkan yang sangat susah dicari adalah Gold Angelfish.

Perawatan dan makanan :

Karena mereka termasuk hewan omnivora, maka mereka memakan segala jenis makanan hidup yang segar, dan makanan serpih. Untuk menjaga kesehatannya berikanlah makanan serpih atau pellet yang berkualitas tinggi setiap hari. Seperti pakan udang (beku atau hidup) dan cacing darah dapat dilakukan. Anda juga bahkan dapat memberi selada atau bayam sebagai makanan.

Distribusi :

Angelfish berasal dari sungai Amazon pusat dan banyak terdapat di Peru dan Ecuador timur.

Ukuran - Berat

Ikan ini dapat mencapai panjang 6 inchi (15 cm)

Perilaku Sosial

Walaupun Angelfish dapat berada pada komunitas ikan, mereka akan mengambil daerah kekuasaannya pada saat ikan ini dewasa. Oleh karena itu ikan yang ukurannya lebih kecil tidak cocok bersama Angelfish. Namun Angelfish adalah adalah ikan yang setia pada pasangannya, mereka membangun keluarga yang kuat dan mempertahankan sebuah wilayah untuk berkembanng biak. Satu hal yang baik tentang ikan ini adalah mereka tidak merusak tanaman. Ikan ini akan berenang di semua wilayah aquarium.

Kondisi Air Yang dapat diterima :

  • Hardness: 2-10° dGH
  • Ph: 6.0 to 7.5
  • Temp: 75-82° F 24-28° C

Breeding/Reproduction :

Angelfish merupakan egg layers. Betina mampu bertelur hingga 1000 telur pada daun. Jika telur-telur tersebut tidak dimakan oleh induknya maka larva anak-anak ikan tersebut dijaga dengan hati-hati.
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال

//Script Removing M=1