Jenis Ikan Hias Untuk Aquascape


Kamu mencari artikel tentang Ikan Hias Untuk Aquascape? Yuk disimak ulasan lengkapnya dibawah ini ya

Menanam aquascape membutuhkan banyak pengetahuan dan kesabaran untuk disatukan. Dan begitu tanaman Anda tumbuh subur dan parameter air tepat di tempat yang mereka butuhkan untuk menambahkan beberapa ekor ikan bisa menjadi langkah yang membuat segalanya tidak seimbang.

Banyak ikan yang memiliki tubuh terlalu besar, menghasilkan terlalu banyak limbah, atau hanya suka memakan atau mengobrak-abrik tanaman akuarium! Lebih baik untuk mempertimbangkan dengan hati-hati jenis ikan aquascaping terbaik sebelum menebar pengaturan yang Anda tanam.


Kualitas yang Harus Diperhatikan dalam Ikan Aquascaping

Memilih jenis ikan untuk akuarium aquascape tidak selalu sesederhana pergi ke toko ikan lokal Anda dan memilih apa pun yang menarik perhatian Anda, baik ikan yang memiliki warna mencolok atau lain hal.


Berikut adalah beberapa kualitas yang harus Anda perhatikan ketika memilih ikan hias untuk aquascape :

1. Tubuh berukuran Kecil hingga Sedang

Sebagian besar ikan ikan hias yang digunakan untuk aquascapes ditanam berada di ujung spektrum yang kecil. Sekolah Tetras, Danios, dan Rasboras berukuran 1 hingga 2 inci bekerja dengan baik karena mereka memberikan semburan warna sementara tidak berdampak pada tanaman selain sedikit tambahan CO2 dan pupuk nitrogen.

Ikan hias jenis kecil juga kalah bersaing dengan desain aquascape Anda untuk menarik perhatian pemirsa. Oleh karena itu sekolah sederhana dari Tetra Neon 1 inci secara teratur disimpan bahkan dalam 100+ galon Nature dan aquascapes gaya Iwagumi, yang menempatkan banyak fokus pada penempatan tanaman, batu, dan substrat.

2. Keramahan

Aquascape yang ditanam cenderung berupa tangki komunitas atau akuarium yang didedikasikan untuk satu spesies ikan. Jenis Ikan gerombolan dan ikan tunggal dapat dipelihara bersama. Bahkan, saya merekomendasikannya, karena kumpulan ikan kecil menenangkan kecemasan spesies tunggal dengan bertindak sebagai ikan gentar .

Namun gerombolan ikan kecil membantu memberi aquascape yang ditanam terasa lebih ramai jika itu adalah estetika yang Anda tuju. Dan mereka memiliki dampak paling kecil pada siklus bioload dan nutrisi tangki.

3. Tanaman Aman

Ikan yang lebih besar terkadang membawa kebiasaan buruk seperti menggali dan mencabutnya (terutama Ikan Mas, Cichlid, Lele) atau mungkin menganggap tanaman itu enak. Pilih ikan yang kecil, kebanyakan karnivora, dan bertelur dengan menebarkan telur. Pembuat sarang terkadang mengumpulkan daun tanaman atau menggali substrat, yang dapat mengganggu akar tanaman.


Ikan hias untuk aquascape Terbaik

Berikut adalah beberapa spesies ikan aquascaping favorit kami:

1. Tetra

Tetras secara teratur mendudukii peringkat teratas daftar jenis ikan aquascaping terbaik karena ikan ini memiliki semua kualitas yang kami cari. Mereka hampir semuanya karnivora, kecil, bersekolah, dan memiliki warna-warna cerah yang melengkapi warna hijau, merah tua, dan cokelat aquascape dengan baik.

Ada puluhan spesies yang biasa ditemukan dalam perdagangan dan ratusan di seluruh dunia. Sebagian besar berasal dari Amerika Selatan, dengan beberapa spesies Afrika seperti Tetra Kongo (Phenacogrammus interruptus) kadang-kadang tersedia.

Sebagai kelompok, Tetra lebih menyukai air yang lembut dan asam (pH 6,5 hingga 7,0) dan suhu di sisi yang lebih hangat (75-80F). Spesies yang dibesarkan dalam tangki seperti Neon Tetras sangat fleksibel namun menyediakan kondisi ini tidak hanya menghasilkan kesehatan yang baik tetapi juga potensi berkembang biak!

  • Spesies yang Direkomendasikan: Neon Tetra (Paracheirodon innesi), Cardinal Tetra (Paracheirodon axelrodi), Gold Tetra (Hemigrammus rodwayi), Rummy Nose Tetra (Hemigrammus rhodostomus), Serpae Tetra (Hyphessobrycon eques), Marbled Hatchetfish (Carnegiella strigata)
  • Ukuran rata-rata: 1 hingga 2 inci
  • Ukuran Akuarium Minimum: 5 galon
  • Kemudahan Perawatan: Sangat Mudah

2. Rasbora

Rasboras mengisi ceruk yang sama dengan Tetra di Asia: ikan kecil yang berkelompok yang memakan mangsa kecil. Mereka adalah Cyprinids yang membuat mereka sepupu dekat Barbs, Danios, dan Goldfish.

Cabai Rasbora ( Boraras brigittae ) sangat disukai oleh aquascaper blackwater (pH 4.0-5.5). Dengan panjang tubuh kurang dari satu inci, mereka sempurna untuk hampir semua ukuran akuarium. Namun jenis ikan ini tidak pernah mengecewakan untuk menarik perhatian berkat warna merah cerah dan disposisi aktif mereka.

Karena mereka tidak begitu dikenal seperti Tetras, Danios, dan ikan gerombolan kecil lainnya, Rasboras sering dilewatkan oleh aquarists. Sayang sekali karena mereka jarang menunjukkan warna terbaik mereka di toko akuarium.

Ketika ditempatkan di aquascapes yang ditanam dengan cahaya spektrum penuh, banyak penutup, dan substrat gelap, mereka mengambil nada merah dan ungu yang kaya. Dan ketika Rasboras jantan tampil untuk menarik perhatian betina, mereka menjadi lebih bersemangat!

  • Spesies yang Direkomendasikan: Chili Rasbora (Boraras brigittae), Harlequin Rasbora (Trigonostigma heteromorpha), Scissortail Rasbora (Rasbora trilineata)
  • Ukuran Rata-rata: hingga 2 inci
  • Ukuran Akuarium Minimum: 5 Galon
  • Kemudahan Perawatan: Sangat Mudah

3. Pembawa hidup

Guppies, Platies, Swordtails, dan Mollies sama baiknya di aquascape yang ditanam seperti yang mereka lakukan di akuarium komunitas. Tanaman hidup juga menawarkan kesempatan yang lebih baik bagi bayinya untuk bertahan hidup, terutama jika Anda memelihara tanaman kurus seperti Java Moss atau Tanaman Pedang Mikro.

Namun, molly harus diperlakukan dengan hati-hati. Mereka akan memakan tanaman bertubuh lunak seperti Elodea serta makroalga. Dan kebutuhan mereka akan garam mungkin tidak berfungsi untuk banyak tanaman air tawar.

Livebearer secara keseluruhan juga lebih menyukai kondisi air yang netral hingga sedikit basa (pH 7.0-8.0). Aquascapes dengan batu kapur, Seiryu , dan batu lain yang kaya akan karbonat dan mineral membantu menjaga kondisi sesuai keinginan mereka!

  • Spesies yang Direkomendasikan: Guppy (Poecilia reticulata), Platy (Xiphophorus maculatus/variatus), Swordtail (Xiphophorus hellerii)
  • Ukuran rata-rata: 1 hingga 3 inci
  • Ukuran Akuarium Minimum: 10 Galon
  • Kemudahan Perawatan: Sangat Mudah

4. Gurami dan Bettas

Gurami tersedia di hampir setiap toko akuarium. Setelah menjadi hobi selama beberapa dekade, sebagian besar spesies juga datang dalam beberapa morf warna, dari Electric Blue Dwarf Gouramis hingga albino Honey Gourami.

Chocolate Gourami sering disimpan di aquascape yang ditanam karena aman untuk tanaman, berpola halus, dan berada di sisi sensitif, lakukan yang terbaik di lingkungan yang dikontrol dengan hati-hati. Namun hampir semua gurami dan cupang berukuran kecil hingga sedang aman untuk tanaman.

Gurami lebih menyukai suhu yang lebih hangat dan sedikit atau tidak ada arus. Jantan cenderung teritorial tetapi hanya Bettas dan Paradise Fish yang menganggap ini ekstrem mematikan.

  • Spesies yang Direkomendasikan: Chocolate Gourami (Sphaerichthys osphromenoides), Dwarf Gourami (Trichogaster lalius), Betta (Betta splendens), Sparkling Gourami (Trichopsis pumila), Pearl Gourami (Trichopodus leerii)
  • Ukuran Rata-rata: 2 hingga 4 inci
  • Ukuran Akuarium Minimum: 10-20 Galon
  • Kemudahan Perawatan: Sangat Mudah hingga Sedang

5. Cichlid kerdil

Sementara sebagian besar Cichlids akan merusak tanaman dan substrat Anda yang ditempatkan dengan hati-hati, beberapa adalah ikan yang sangat baik untuk aquascapes. Khususnya, Dwarf Cichlids! Blue Ram tidak hanya mudah ditemukan tetapi juga kuat dan rela berkembang biak di akuarium yang ditanam.

Apistogramma adalah genus Cichlids Dwarf Amerika Selatan yang rukun dengan semua ikan dan udang kecuali yang terkecil. Cichlids Dwarf kadang-kadang menggali, terutama saat bersiap untuk bertelur. Namun mereka menjaga kebiasaan destruktif mereka seminimal mungkin.

Dan selama mereka disimpan di akuarium yang cukup luas (30+ Galon), teman satu tangki mereka dapat menghindari peningkatan agresi yang ditampilkan Cichlids saat menjaga telur dan benih.

  • Spesies yang Direkomendasikan: Blue Ram (Mikrogeophagus ramirezi), spesies Apistogramma , Rainbow Krib (Pelvicachromis pulcher)
  • Ukuran rata-rata: 2 hingga 3 inci
  • Ukuran Akuarium Minimum: 10 Galon
  • Kemudahan Perawatan: Mudah

6. Angelfish & Diskus

Angelfish dan Discus adalah pengecualian dari aturan umum untuk menghindari Cichlid berukuran sedang hingga besar. Kedua  jenis ikan hias ini ditemukan di sekitar lingkungan pedalaman blackwater di lembah Amazon di mana mereka bersekolah bersama dan melesat di antara akar pohon yang tergenang dan gulma air.

Mereka memiliki mulut kecil untuk memetik invertebrata dan ikan kecil yang mencegah mereka menggali dan mencabik tanaman. Discus dan Angelfish lebih suka berkembang biak di daun Amazon Swords dan tanaman berdaun lebar lainnya, menjadikannya warga teladan untuk aquascape yang ditanam.

Kedua spesies lebih menyukai suhu tropis (75-84F). Angelfish toleran terhadap berbagai kimia air tetapi Discus membutuhkan air asam yang lembut (pH 4,5-6,5).

  • Spesies yang Direkomendasikan: Angelfish Umum (Pterophyllum scalare), Blue Discus (Symphysodon aequifasciatus)
  • Ukuran rata-rata: 8 inci
  • Ukuran Akuarium Minimum: 55 Galon
  • Kemudahan Perawatan: Sedang

7. Ikan pembunuh

Sayang Killifish tidak lebih populer di hobi akuarium. Beberapa spesies muncul sesekali, termasuk American Flagfish dan Striped Panchax. Namun beberapa, seperti berbagai spesies Nothobranchius, berwarna cerah seperti ikan karang, dan jauh lebih mudah dirawat!

Killifish adalah tanaman yang aman dan damai terhadap ikan lain. Beberapa bersifat teritorial dan laki-laki bersaing dengan kejam untuk memperebutkan perempuan tetapi tidak pernah saling menyakiti.

Banyak Killifish yang sulit diberi makan, terutama ikan semusim, karena terkadang mereka tidak mengenali makanan siap saji. Mereka lebih suka mangsa beku dan hidup seperti Daphnia dan Udang Air Garam tetapi dapat dilatih untuk makan makanan siap saji jika dibesarkan di atasnya.

Aquascape yang ditanam juga menawarkan kesempatan terbaik untuk membiakkan Killifish. Mereka cenderung menjadi penebar telur (non-tahunan), penyimpan telur (tahunan), atau campuran dari dua kategori (semi-tahunan). Saya membahas lebih dalam tentang perawatan mereka di Panduan Lengkap saya untuk Killifish !

  • Spesies yang Direkomendasikan: Bluefin Notho (Nothobranchius rachovii), Banded Panchax (Epiplatys annulatus), Lyretail Panchax (Aphyosemion australe)
  • Ukuran rata-rata: 2 inci
  • Ukuran Akuarium Minimum: 5 Galon
  • Kemudahan Perawatan: Mudah hingga Sedang

8. Ikan lele kerdil

Ketika Anda memikirkan Ikan Lele, gambaran tentang pengumpan bawah yang besar, tebal, dan bergerak lambat biasanya muncul di benak Anda. Namun, beberapa spesies yang lebih kecil adalah beberapa ikan aquascaping terbaik untuk dasar akuarium.

Corydoras damai, mudah bergaul, dan berwarna menarik. Sebagian besar tumbuh dewasa sekitar 2 inci dan kebiasaan mereka bertengger di kayu apung dan tanaman membuat mereka lebih menawan. Corydoras menerima sebagian besar makanan siap saji namun Anda harus memastikan ukurannya tepat dan tenggelam cukup cepat agar mereka mendapatkan bagian yang adil.

Otocinclus ideal untuk tangki tanam yang membutuhkan kontrol alga. Tidak seperti Plecostomus, Dwarf Otos tidak tumbuh lebih besar dari 2 inci dan tidak akan memakan tanaman berdaun lunak. Otos juga mudah bergaul dan lebih suka disimpan dalam kelompok yang terdiri dari setidaknya 6 individu – jika dipelihara sendiri, mereka cenderung bersembunyi terus-menerus.

  • Spesies yang Direkomendasikan: Dwarf Oto (Otocinclus vittatus), spesies Corydoras,
  • Ukuran rata-rata: 2 inci
  • Ukuran Akuarium Minimum: 10 Galon
  • Kemudahan Perawatan: Sangat Mudah

9. Udang air tawar

Karena jenis ikan aquascape yang baik cenderung yang memiliki ukuran tubuh kecil, Udang Air Tawar membuat pasangan akuarium yang sempurna untuk mereka. Mereka adalah pemakan alga yang rakus namun tidak membahayakan tanaman. Lainnya, seperti Udang Bambu, adalah filter feeder, mengambil partikel halus plankton atau makanan serpihan bubuk dari kolom air.

Udang air tawar juga dapat dipelihara di akuarium khusus. Beberapa, seperti Bumblebee Shrimp (Atyopsis moluccensis) yang sensitif memiliki kebutuhan yang tinggi dalam hal kesadahan air, suhu, dan pH.

  • Spesies yang Direkomendasikan: Bumblebee Shrimp (Caridina maculata), Amano Shrimp (Caridina multidentata), Cherry Shrimp (Neocaridina davidi), Ghost Shrimp (Palaemonetes paludosus)
  • Ukuran rata-rata: 1 hingga 2 inci
  • Ukuran Akuarium Minimum: 10 Galon
  • Kemudahan Perawatan: Sedang

10. Siput air tawar

Siput harus selalu dipertimbangkan dengan hati-hati. Beberapa spesies akan berkembang biak di luar kendali, terutama Keong Ramshorn . Lainnya lebih mudah dikelola tetapi cenderung memakan tanaman segar jika vegetasi yang membusuk dan detritus menipis.

Namun, Assassin Snails adalah tambahan yang bagus untuk aquascape yang ditanam. Pertama, mereka sepenuhnya karnivora dan akan memakan makanan siap saji yang kaya protein, potongan daging, dan makanan beku. Jika Anda sudah memiliki masalah populasi siput Assassin Snails pada akhirnya akan mengurangi atau menghilangkannya juga.

Keong Nerite adalah pemakan alga yang memiliki cangkang yang sangat menarik dengan garis-garis tebal, warna yang kaya, dan bahkan duri. Nerite juga tidak dapat berkembang biak di akuarium air tawar karena yang muda harus tumbuh di air asin, sehingga mencegah mereka menjadi pengganggu.

  • Spesies yang Direkomendasikan: Spesies Nerite, Assassin Snail (Cleo helena)
  • Ukuran rata-rata: 2 inci
  • Ukuran Akuarium Minimum: 5 galon
  • Kemudahan Perawatan: Sangat Mudah

11. Ikan Twig Catfish

Ikan Twig Catfish merupakan ikan dari jenis Catfish yang mampu berkamuflase dengan baik lantaran bentuk dan warna tubuhnya yang sangat mirip seperti batang kayu. Selain itu, Ikan Glass Catfish merupakan salah satu ikan yang paling unik untuk dipelihara di aquascape. Ada lagi Ikan Upside Down Catfish sangat cantik bila dipelihara dalam jumlah yang cukup banyak, karena ikan ini memang merupakan ikan yang hidup berkelompok.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak