Cara Berkembang Biak Ikan Pari

cara berkembang biak ikan pari

Cara berkembang biak ikan pari. Sebelum kita membahas ikan pari berkembang biak dengan cara apa ? Mungkin ada yang belum tahu lebih mengenai ikan yang satu ini? Yuk disimak ya ulasan berikut ini!

{getToc} $title={Table of Contents}

Ikan pari melahirkan atau bertelur ?

Ikan pari adalah ikan bertulang rawan yang dapat ditemukan di habitat laut dan air tawar beriklim sedang maupun tropis di seluruh dunia. Ikan ini termasuk dalam ordo Myliobatiformes dan berkerabat dekat dengan hiu. Alih-alih bergigi tajam mirip ikan hiu, beberapa spesiesnya memiliki duri berbisa di ujung ekornya yang dapat digunakan untuk mempertahankan diri dengan menusukkannya ke pemangsa yang mengejarnya.

Tubuh ikan ini pipih, sirip terletak di dada dan ekornya yang panjang. Matanya terletak di sisi punggung (atas), sedangkan mulut, insang, dan lubang hidung ikan pari terdapat di perutnya. Warnanya biasanya menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya (seperti bayangan di dasar laut) yang memungkinkannya untuk menyamarkan diri dan bersembunyi dari pemangsa seperti hiu. Ikan bertulang rawan ini menggunakan sirip dada mereka untuk bergerak maju. Kebanyakan ikan pari berenang dengan menggerakkan tubuhnya seperti gerakan ombak, sementara yang lain mengepakkan sirip berpasangan seperti sayap.

Memiliki ekor yang panjang, ternyata itu mereka gunakan untuk membantu bermanuver. Banyak spesies ikan pari juga memiliki gigi rahang untuk menghancurkan moluska seperti remis, kerang, dan tiram. Seperti hiu, ikan pari memiliki sensor listrik yang disebut ampullae of Lorenzini yang dapat kita temukan pada mulutnya, dengan sensor itu mereka dapat merasakan muatan listrik alami yang dipancarkan oleh hewan lain yang ada disekitarnya.

Ikan pari termasuk hewan yang berkembang biak dengan cara ?

Ikan pari berkembang biak dengan cara fertilisasi atau pembuahan internal yang berarti ikan pari jantan menghamili betina.

Cara perkembangbiakan ikan pari

Ikan pari termasuk hewan ovovivipar yang artinya hewan yang bereproduksi dengan cara mengembangkan telur dalam badan induknya namun embrio tidak mendapat makanan dari induk tersebut.

Ikan pari bertelur

Embrio berkembang di dalam rahim induk hiu betina tanpa plasenta, Karena embrio ini memiliki kantung kuning telur (untuk mereka menyerap nutrisi) yang mereka butuhkan.

Perkembangbiakan ikan pari

Begitu mereka lahir, anak-anak biasanya melepaskan diri dari induknya dan berenang menjauh dan tidak memerlukan perawatan dari sang induk. Namun ada beberapa pengecualian untuk hal ini, seperti ikan pari air tawar raksasa (Himantura chaophraya), di mana sang induk merawat anak-anaknya dan mereka berenang bersama-sama sampai mereka kira-kira seukuran sepertiga dari ukuran tubuh induknya.

Ancaman utama ikan pari adalah hilangnya habitat, penangkapan ikan yang berlebihan, dan perubahan iklim. Ancaman utama adalah penangkapan ikan yang berlebihan karena ikan pari ini begitu bermanfaat, bagaimana tidak, bukan hanya dipanen untuk diambil dagingnya tetapi juga untuk diambil pelat insangnya yang digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok.

Setelah membaca artikel diatas, sekarang kalian sudah memahami ikan pari berkembang biak dengan cara ovovivipar. Demikian ulasan kami, semoga dapat menambah informasi kalian. Terima kasih.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال

//Script Removing M=1