Ketahui Jenis-Jenis Makanan Ikan Hias Kesayangan Anda!

jenis makanan ikan hias

Kebanyakan ikan hias aquarium memakan makanan seperti udang dan cacing yang dibekukan yang mengelupas setelah dimasukan ke dalam air. Ada juga fish lovers yang memberikan larva nyamuk ke ikan peliharaannya. Namun pada dasarnya, makanan ikan hias dibagi menjadi 3 kategori:
  1. Makanan manufaktur: Pellet, flake food
  2. Makanan yang dibekukan: Cacing, larva, udang dll.
  3. Makanan hidup: Maggots, larva serangga, cacing merah, ikan kecil.

Jenis-jenis makanan ikan hias :

1. Flake food

Merupakan makanan yang banyak dimakan oleh ikan hias laut dan ikan hias air tawar. Makanan flake food cocok untuk ikan hias yang sering berenang di wilayah atas dan menengah aquarium. Sesaat setelah flake food dimasukan ke dalam aquarium, maka flake food sudah dapat dimakan.


Flake food sudah berkembang selama bertahun-tahun. Makanan ini memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan hias. Nutrisinya terdiri dari berbagai sumber vitamin dan mineral. Selain itu terdapat dalam berbagai pilihan rasa dan warna yang dapat menarik perhatian ikan. Drop satu atau dua flake food ke dalam aquarium lalu tunggu sampai berapa lama ikan hias Anda menghabiskannya. Selanjutnya Anda akan mengetahui berapa banyak flake food yang harus diberikan kepada ikan hias Anda.

2. Alga flake

Untuk ikan vegetarian, terdapat flake food vegetarian, seperti alga flake. Satu flake alga diberikan per hari dapat dinikmati oleh hampir semua ikan kecuali ikan buas dari golongan cichild.


Kelemahan dari flake food ini adalah bahwa nutrisi di dalamnya dapat hilang dengan cepat. Jadi sangat penting untuk membeli sebanyak yang dibutuhkan misalnya untuk pemberian selama satu bulan atau kurang dari itu. Dan periksalah juga jenis dari flake food-nya. Belilah selalu bermacam-macam flake food agar ikan tidak merasa bosan diberikan flake food yang itu-itu saja. Flake food yang baik adalah yang mengandung nutrisi semua yang dibutuhkan oleh seagian besar komunitas aquarium.


Jika Anda mempunyai ikan yang besar dalam aquarium, mereka akan lebih memilih memakan flake yang lebih besar daripada flake yang kecil. Karena mereka mempunyai mulut yang besar mereka lebih memilih makanan yang besar juga. Oleh karena itu pemberian pelet yang dapat tenggelam atau mengambang merupakan pilihan yang bijak untuk ikan yang besar. Pelet tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk, cocok untuk berbagai ukuran ikan. Granular food diberikan hanya jika ikan Anda kelihatan sangat lapar atau tidak cukup diberikan flake yang mengambang.
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال

//Script Removing M=1