Tips Merawat Aquarium Goldfish Kesayangan

merawat aquarium goldfish

Goldfish merupakan ikan hias yang sangat indah untuk dikoleksi. Melihat mereka berenang mengelilingi aquarium dapat memberikan kepuasaan batin tersendiri. Oleh karena itu sangat penting memberikan keamanan dan kenyamanan bagi lingkungannya. Simak ulasan kami tentang cara merawat aquarium goldfish berikut ini!

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merawat aquarium goldfish


1. Ukuran aquarium

Agar goldfish dapat berenang bebas pastikan ukuran aquarium cukup besar untuk ditempati. Idealnya aquarium goldfish berukuran 24 x 24 x 10 inchi (60 x 60 x 25 cm). Tentu saja hal ini tergantung dari beberapa banyak Anda mau mengoleksi Goldfish. 


2. Penambahan pasir, bebatuan dan tumbuan air

Pastikan juga tersedia 2 inchi pasir untuk dasar aquarium. Pasir berfungsi sebagai penahan tumbuhan air agar tidak mudah goyah karena gerakan Goldfish yang hardy. Selain pasir dapat juga ditambahkan bebatuan dan karang sebagai tempat persembunyian Goldfish. Untuk memperindah tampilan aquarium maka penambahan tumbuhan air juga dapat dilakukan.


3. Penambahan air pada aquarium

Ingat air yang berasal dari keran (air ledeng) tidak bagus untuk Goldfish. Banyak fish lovers menggunakan air yang sudah didiamkan seperti air sumur atau air ledeng yang sudah diendapkan sehari sebelumnya. Jangan pernah menggunakan air destilasi atau air yang diionisasi. Pada saat menambahkan air ke dalam aquarium pastikan agar pasir tidak rusak atau terganggu. Selalu lindungi aquarium agar tidak termasuki kotoran atau benda-benda yang tidak berguna yang masuk ke dalam aquarium.


4. Penggantian air

Goldfish merupakan ikan hias yang lincah (hardy), mereka dapat mengotori air aquarium dengan cepat. Sangat penting untuk mengganti air aquarium secara periodik. Setiap beberapa minggu, atau setidaknya sekali dalam sebulan sangat disarankan untuk mengganti air. Tambahkan hanya 20-25% air lama dengan air yang baru. Hati-hati dalam mengganti air agar Goldfish tidak stres.


5. Penggosokan yang lembut

Pada saat men-set up aquarium pertama kali kaca akan kelihatan bersih dan jelas, namun setelah beberapa minggu kemudian alga dan ganggang akan mulai mengotori kaca aquarium. Warna alga ini biasanya hijau atau cokelat dan kadang-kadang ada juga yang berwarna hitam. Jika terjadi saatnya membersihkan aquarium dengan cara menggosok dan dekorasi lainnya.


Jangan menggunakan penggosok yang terlalu keras. Penggosok yang lembut akan menjaga kaca agar tidak tergores. Gosoklah semua sisi mulai dari depan sampai belakang hingga kaca benar-benar bersih dan jelas (kinclong). Gosoklah semuanya termasuk filter dan dekorasi aquarium lainnya. Tidak terlalu penting untuk mengeluarkan semuanya dari aquarium kecuali mereka semua benar-benar dalam keadaan yang sangat kotor. Jika demikian cuci semuanya.

Ingatlah agar tidak menggunakan sabun, chlorine atau pemutih untuk membersihkan semuanya dalam aquarium.

Jika memang Goldfish harus dikeluarkan dari aquarium pada saat menguras aquarium, maka lakukanlah dengan sangat hati-hati dan simpanlah Goldfish Anda di tempat yang aman agar tidak menjadi mangsa binatang lain seperti kucing dsb. Setelah aquarium dibersihkan maka segera pindahkan kembali Goldfish Anda.

Demikian ulasan kami tentang merawat aquarium goldfish, semoga bermanfaat untuk kalian ya! Jika kalian mau mencari referensi ikan air tawar untuk mempercantik aquarium kalian bisa berkunjung kesini koleksi ikan air tawar kami ya
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak