Berikut Salah Satu Manfaat Jika Anda Memelihara Ikan Hias!

salah satu manfaat memelihara ikan hias adalah

Ikan hias merupakan jenis ikan yang diperlihara untuk beberapa tujuan. Memelihara ikan hias telah berfungsi sebagai rekreasi yang layak, terutama bagi para penghobi sejak dahulu kala. Bangsa Romawi kuno adalah orang pertama yang memelihara ikan hias sebagai hewan peliharaan di rumah. Pemeliharaan ikan hias menjadi populer di Inggris dan Skotlandia bahkan pada abad ke- 18. Seni memelihara ikan yang indah dengan warna, desain dan bentuk menyebar dengan cepat ke seluruh dunia. Dengan meningkatnya minat pada varietas fantastis organisme berwarna cerah, budidaya ikan hias berkembang sebagai bisnis yang luar biasa. Dalam beberapa tahun terakhir, hobi ini telah menyebar ke seluruh dunia. Akibatnya, banyak negara di Asia dan Eropa mulai menangkap dan membudidayakan jenis ikan yang berwarna-warni, fantastis, dan mempesona. Semakin banyak ikan dari lingkungan laut, payau dan air tawar telah didomestikasi dan dipopulerkan untuk tujuan bisnis.

Ikan hias adalah hewan peliharaan paling populer di dunia dan memelihara ikan menjadi hobi populer selain fotografi. Bentuk fantastis dan warna cemerlang dari ikan hias memenangkan hati jutaan orang; karenanya, mereka dapat dengan tepat disebut sebagai "Permata Hidup". Dengan lebih dari 120 negara yang terlibat dalam perdagangan ikan hias dan ada sekitar 1.800 spesies ikan hias di pasar yang lebih dari 1000 varietas berasal dari air tawar, 90 persen dari ikan air tawar dibudidayakan sementara 10 persen dikumpulkan dari liar.

Berikut salah satu manfaat memelihara ikan hias adalah :

  1. Hobi ikan hias memberikan kesenangan bagi orang tua dan muda.
  2. Relaksasi ke pikiran.
  3. Menjaga tekanan darah pada tingkat normal dan oleh karena itu penyakit yang berhubungan dengan jantung dapat dicegah.
  4. Meningkatkan rentang hidup.
  5. Anak-anak dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru, dengan menghitung jumlah ikan di akuarium mereka mendapatkan pengetahuan matematika dan dengan mengamati perilaku, warna dan bentuk sirip ikan mereka mendapatkan pengetahuan ilmiah.
  6. Anak-anak dapat mengembangkan rasa keterikatan dengan alam.
  7. Memelihara ikan hias lebih mudah daripada hewan peliharaan lain karena mereka tidak membuat kebisingan dan juga pembersihan tangki sesekali sudah cukup (Anjing menggonggong, bulu gudang dan pembersihan gudang setiap hari adalah suatu keharusan).
  8. Ikan hias seperti Arwana dipercaya membawa keberuntungan, kekayaan dan kemakmuran.
  9. Memelihara ikan hias dapat membuat para penghobi memulai usaha budidaya sendiri pada waktunya sehingga membuka peluang usaha mandiri.
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak