Cara Memperbaiki Akuarium Rembes atau Bocor

cara memperbaiki akuarium bocor
Sebelum kalian membaca artikel ini, saya ucapkan terima kasih karena telah berkunjung ke website kami. Simak ulasan kami mengenai cara memperbaiki akuarium rembes maupun bocor. 

Cara Memperbaiki Akuarium Rembes atau Bocor

Bagi pecinta ikan hias yang baru, memiliki tangki ikan adalah impiannya, yang dapat mereka isi dengan segala jenis ikan hias. Sayangnya, tidak semua orang memiliki pengetahuan atau sumber daya yang dibutuhkan untuk merawat tangki ikan mereka dengan baik. Disini kami bagikan artikel tentang cara memperbaiki akuarium yang rembes atau bocor. Akuarium yang bocor adalah masalah yang serius karena akan sangat mengganggu ekosistem akuarium jika tidak segera diperbaiki, dan tidak boleh dibiarkan begitu saja.

{getToc} $title={Table of Contents}

Masalah Akuarium Bocor atau Rembes

Jika kalian menduga akuarium kalian mengalami kebocoran, kalian harus mengambil langkah untuk memperbaikinya sesegera mungkin. Dengan beberapa hal persiapan dan teknik yang baik, sebagian besar masalah kebocoran kecil pada akuarium kalian insyaallah dapat diperbaiki. Untuk mengatasi akuarium yang bocor, ada beberapa persiapan dasar yang kalian perlukan.


Persiapan awal sebelum memperbaiki akuarium bocor

Kuras air dari akuarium

Kuras air dalam akuarium dengan sedikit-sedikit agar kalian dapat ruang untuk membersihkan dan mengeringkan area yang dicurigai mengalami bocor. Kalian bisa memakai gayung, ember, atau wadah lain untuk menguras air. Jika kebocoran di sisi kaca bagian bawah akuarium, Kalian harus menguras semua air dan yang ada dalam akuarium diamankan ditempat lain.

Pastikan bahwa silikon yang kalian gunakan untuk menutup kebocoran benar-benar kering sebelum mengisi ulang air ke akuarium.

Lepaskan silikon lama dengan bantuan alat tajam

Kikis silikon yang lama dengan silet. Jika kebocoran dicurigai berada pada bagian atas maka kalian tidak perlu menguras seluruh akuarium, namun kalian harus berhati-hati agar sealant lama tidak jatuh ke dalam air akuarium.

Karena terkadang silikon baru tidak selalu merekat baik dengan silikon lama. Kami sarankan untuk nelepas semua silikon akuarium kalian lalu menyegel ulang semua sisi sekaligus dengan silikon baru.

Bersihkan area yang akan dipasang silikon

Bersihkan sudut-sudut dinding kacar akuarium dengan kain bersih yang dibasahi dengan aseton. Hal ini akan menghilangkan residu dan bahan asing lainnya. Keringkan dengan tisu kering dan biarkan hingga benar-benar kering, biasanya memakan waktu kurang lebih 15 menit saja.

Hal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa silikon baru yang kalian gunakan akan menempel dengan baik pada kaca sehingga harapannya kalian tidak akan mengalami masalah akuarium bocor lagi.


Langkah Merekatkan Silikon 

Oleskan silikon

Dengan menggunakan alat penembak silikon, tekan sampai silikon keluar pada ujung penembak ke dinding kaca. Ratakan dengan jari atau alat khusus sehingga silikon benar-benar menutup sempurna dan tidak ada celah sedikitpun.

Cari silikon ke suplier langganan kalian untuk produk sealant dan pastikan berlabel "tidak beracun" dan "100% silikon". Dan juga silikon tidak mengandung fungisida.

Mengoleskan silikon dari luar akuarium merupakan ide yang tidak baik, karena pengolesan silikon akan lebih baik dan efektif jika dilakukan di dalam akuarium, karena tekanan air akan "mengencangkan" segel yang menekan silikon ke kaca.

Tunggu sealant mengering dengan sempurna

Biasanya silikon benar-benar kering minimal 24 jam. Pastikan lingkungan sekitar saat kalian memperbaiki akuarium bocor sejuk dan kering, jika tidak kalian mungkin perlu menunggu lebih lama lagi (sekitar lebih dari 48 jam). Namun jika kalian mempunyai lampu panas atau sumber panas lainnya untuk membantu silikon cepat kering bisa juga diterapkan, tetapi jangan memanaskan dengan suhu di atas 40 derajat celcius.

Cek ulang kebocoran

Isi ulang air akuarium secukupnya pada sisi yang dicurigai mengalami kebocoran atau rekatan silikon yang telah diperbaiki. Tunggu beberapa jam apakah ada air yang merembes dari akuarium atau tidak? Jika tidak ada kebocoran lagi, kalian dapat menambahkan air lebih banyak ke dalam akuarium dan tunggu berapa saat untuk memastikan kembali apakah tekanan air di dalam akuarium mengakibatkan kebocoran kembali atau tidak.

Dengan memakai tisu kering, cek ulang apakah ada kebocoran dengan menempelkan tisu tersebut ke daerah kebocoran selama beberapa saat. Jika tidak tisu tetap kering berarti akuarium dapat dipakai kembali untuk menampung ikan hias kesayangan kalian.

Letakkan kembali isi akuarium

Kerikil, ikan dan tanaman yang kita amankan tadi, jika sudah yakin akuarium tidak bocor lagi bisa mulai ditata kembali. Kalian bisa memulai memasukkan kerikil atau bahan lain di lantai akuarium, kalian bisa juga memasukkan bahan kimia apapun sesuai kebutuhan lalu atur letak tanaman air dalam akuarium. Terakhir masukkan ikan hias kesayangan kalian ke dalam akuarium

Pastikan pada tahapan ini, sebelum memasukkannya kembali ke dalam akuarium seperti kerikil atau bahan lain sudah dibersihkan terlebih dahulu.

Beberapa kasus seputar akuarium bocor atau rembes

Q : Bagaimana cara menutup jika ada celah antar kaca di akuarium karena potongan kaca yang dipotong dengan tidak baik? Lalu jenis lem apa yang harus digunakan untuk contoh kasus tersebut?

A : Jika melihat kasus tersebut, kaca yang dipotong dengan buruk akan membuat celah antar kaca dengan yang lainnya. Karena walaupun lebar celah hanya satu milimeter saja, namun hal itu dapat menyebabkan akuarium bisa pecah. Lebih baik jika menemui ada potongan kaca yang buruk, tidak usah digunakan atau minta ganti dengan kaca yang potongannya baik. Untuk lem nya, kalian bisa memakai silikon akuarium

Q : Saya mempunyai akuarium berbentuk segi delapan dan ada kebocoran di salah satu sisinya. Apakah bisa memakai tehnik yang sama dengan memperbaiki akuarium persegi?

A : Ya, sangat bisa. Mau akuarium kalian berbentuk segi delapan atau persegi, kalian bisa memakai cara diatas. Namun yang perlu diingat jika kebocorannya besar, tidak ada salahnya kalian meminta bantuan kepada tukang reparasi akuarium yang profesional dilingkungan sekitar kalian. Karena membuat akuarium berbentuk segi delapan tidaklah mudah.

Demikian artikel cara memperbaiki akuarium yang rembes ataupun bocor. Semoga bisa membantu masalah akuarium yang kalian alami saat ini.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak