Cara Membuat Komunitas Akuarium Dengan Menambahkan Ikan yang Tepat

cara membuat akuarium komunitas
Cara membuat akuarium komunitas

Sekarang anggap akuarium Anda telah disiapkan, dan kondisi air untuk akuarium Anda sudah baik. Apakah sudah waktunya anda membeli ikan untuk membuat komunitas ikan di akuarium?

{getToc} $title={Table of Contents}

Untuk memiliki akuarium yang baik, Anda harus bekerja selangkah demi selangkah agar pembuatan komunitas ikan akuarium anda terlihat cantik dan enak dipandang.


Berikut cara membuat akuarium komunitas :

Luangkan waktu untuk memilih jenis ikan

Sebelum Anda mendatangi toko ikan di kota anda, luangkan beberapa saat untuk memutuskan spesies ikan hias apa yang terbaik. Ikan agresif tidak termasuk dalam tangki komunitas yang damai. Satu hal yang penting adalah semua ikan harus berukuran sama atau yang besar akan memakan yang lebih kecil. Untuk mengetahui seperti apa ikan dewasa dari spesies pilihan Anda, lakukan sedikit riset. Jadi pastikan Anda memilih ikan yang bisa hidup damai satu sama lain.

Lakukan riset jenis ikan

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menghindari masalah adalah memutuskan ikan apa yang paling Anda sukai dan melakukan riset untuk melihat apakah mereka menyukai ikan lain yang Anda inginkan. Jika Anda menginginkan lebih dari satu spesies, pastikan mereka adalah ikan komunitas yang rukun dengan yang lain dalam satu akuarium. Ikan yang Anda pilih harus menyukai kondisi air dan suhu yang sama. Mereka harus memiliki selera yang sama dalam makanan dan tanaman akuarium hidup.

Beberapa spesies ikan cenderung sangat teritorial, damselfish menjadi contohnya. Ikan ini penyendiri, dan mereka akan mengejar ikan yang lain. Guppies adalah ikan yang cinta damai dan mereka tidak pernah mengejar atau memilih atau mengganggu ikan lain. Beberapa ikan agak agresif dan mungkin mengejar ikan yang lebih lambat atau menggigit sirip.

Perharikan perilaku ikan

Ikan pemalu atau lamban tidak akan hidup dengan baik di akuarium dengan spesies yang sedikit agresif karena mereka akan menjadi korban dari ikan yang agresif dalam satu akuarium. Bahkan ikan yang tidak agresif akan memilih ikan yang paling lemah, seperti ikan mas bermata gelembung. Beberapa ikan yang mungkin tumbuh agresif saat dewasa tidak boleh ditambahkan ke akuarium dengan ikan yang lebih kecil atau pemalu. Saat mereka dewasa, mereka akan mulai mengganggu ikan lain, membuat mereka stres dan mungkin menyebabkan mereka cedera.

Ketahanan ikan

Juga pikirkan tentang daya tahan ikan. Seekor ikan yang memiliki tubuh yang kuat, seperti blennyfish, dapat melawan banyak penyakit dan dapat bertahan dalam berbagai kondisi air. Seekor ikan yang tahan banting rata-rata harus melakukannya dengan baik di akuarium yang sehat. Jika kualitas air tidak tepat, ikan yang rapuh seperti malaikat sirip bendera dapat menjadi korban penyakit atau stres.

Kebiasan makan ikan

Kebiasaan makan juga penting. Arwana atau jenis ikan pemangsa lain, yang merupakan karnivora, akan memakan ikan lain. Mereka bukan sesuatu yang ingin Anda tambahkan ke akuarium komunitas. Ikan herbivora seperti angelfish membutuhkan sayuran untuk dimakan, dan mungkin lebih sulit dipelihara dalam kondisi sehat dalam tangki kombinasi. Cara mudah untuk menjaga semua ikan Anda sehat adalah menemukan ikan yang pemberian pakannya mudah dan sama seperti pelet.

Penambahan jenis ikan tertentu

Last but not least, Anda juga harus mempertimbangkan untuk memasukkan beberapa pemakan alga di akuarium Anda. Dalam hal menjaga kebersihan akuarium Anda, spesies siput, udang, atau ikan lele tertentu dapat melakukan membuat akuarium anda tetap terjaga kebersihannya.

Seperti yang Anda lihat, ada banyak hal yang harus dipikirkan sebelum anda menambahkan jenis ikan baru ke akuarium komunitas Anda. Seorang penjual di toko ikan lokal Anda akan dengan senang hati menjawab pertanyaan Anda. Anda juga bisa mendapatkan beberapa nasihat yang baik secara online. Sehingga anda akan mendapatkan akuarium sehat dirumah yang dapat Anda lihat setiap hari.
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال

//Script Removing M=1