Mengenal Jenis Tanaman Air Vallisneria

Jenis tanaman air vallisneria
Tanaman vallisneria

Vallisneria spiralis, atau Vallisneria lurus, adalah spesies air tawar yang digunakan sebagai tanaman latar di akuarium. Lurus Vallisneria adalah tanaman air yang berakar pada substrat tidak mengambang yang memiliki daun panjang linier dengan urat berwarna hijau atau merah.

Vallisneria spiralis menyediakan tempat berlindung bagi ikan dan menstabilkan parameter air. Tanaman ini mudah tumbuh, tetapi karena memiliki akar yang dangkal, ini bukan pilihan yang baik untuk akuarium berisi ikan yang menggali di substrat.

{getToc} $title={Table of Contents}

Asal

Vallisneria spiralis berasal dari daerah tropis dan subtropis di India, Irak, Hongaria, Italia, Asia Barat Daya, Sudan, Kongo, dan Mesir. Vallisneria yang tinggi sejak itu telah diperkenalkan ke bagian lain dunia, seperti Islandia dan Selandia Baru, di mana ia dianggap sebagai tanaman invasif.

Tanaman ini biasanya tumbuh di kolam dan danau di vegetasi yang lebat, sekitar 1 meter di bawah air. Daun Vallisneria yang tinggi dan tumbuh rapat membuat tanaman ini ideal untuk membuat pengaturan seperti hutan di akuarium rumah.

Ketersediaan

V. spiralis adalah tanaman yang tersedia secara luas yang mudah ditemukan di toko hewan peliharaan lokal dan online, termasuk di pasar seperti Amazon. Biaya khas Vallisneria lurus adalah Rp. 120.000 - Rp. 300.000, tergantung pada ukuran tanaman.

Penampilan & Ukuran

Jenis vallisneria spiralis adalah tanaman hijau cerah dengan daun panjang dan sempit dan tiga hingga lima urat hijau atau kemerahan paralel. Daunnya memiliki tepi melengkung dan tumbuh berkelompok dari akar, membentuk padang rumput bawah air yang tinggi. Akarnya dangkal tetapi berkembang dengan baik dan cocok untuk tumbuh di kerikil atau pasir.

Vallisneria lurus yang tumbuh penuh mencapai hingga 70 inci, dan tanaman memiliki tingkat pertumbuhan sedang hingga cepat. V. spiralis yang dijual untuk akuarium komunitas biasanya tumbuh setinggi sekitar 20 inci.

V. spiralis adalah tumbuhan dioecious, artinya ada tumbuhan yang hanya memiliki bunga betina, dan ada juga yang hanya memiliki bunga jantan.

Berbagai jenis Vallisneria yang terlihat mirip dengan Vallisneria lurus, termasuk:

  • Vallisneria torta : Tumbuhan kecil yang rapi dengan daun yang melintir saat tumbuh
  • Vallisneria nana : Spesies Vallisneria tersempit yang tumbuh lambat
  • Vallisneria spiralis merah yang serupa : Variasi warna merah dari V. spiralis

Manfaat Vallisneria Spiral di Akuarium

Vallisneria spiralis mengoksidasi tangki dan menstabilkan parameter air dengan menyerap amonia dan karbon dioksida yang dihasilkan ikan. Pabrik menyediakan perlindungan untuk ikan, mengurangi stres tangki dan mengurangi kemungkinan pertempuran antara teman tangki. V. spiralis adalah tanaman yang baik untuk tangki dengan siput, yang merangkak di daun, menghilangkan ganggang dari permukaannya.

Teman Tank yang Kompatibel

Vallisneria spiralis cocok untuk tumbuh di tangki yang berisi hampir semua ikan air tawar tropis , termasuk ikan pemakan tumbuhan, karena rasa tanaman yang tidak enak. Lurus Vallisneria sangat ideal untuk tangki pembiakan dengan ikan yang bertelur di daun dan menawarkan tempat persembunyian untuk ikan kecil atau gugup.

Beberapa spesies ikan dan non-ikan yang berpasangan dengan baik dengan V. spiralis adalah:

  • Ikan mas
  • Tetra
  • Angelfish
  • Danios
  • ikan guppy
  • Siput akuarium
  • Udang
Hindari menanam V. spiralis di akuarium dengan ikan yang hidup di dasar yang menggali substrat, seperti corydoras , loaches , dan belut, karena mereka cenderung merusak akar tanaman. Jangan menanam V. spiralis di akuarium dengan ikan agresif seperti cichlids , oscar , dan silver dollar , karena mereka cenderung merobek daun tanaman.

Lurus Vallisneria adalah tanaman yang kuat dan serbaguna yang dapat tumbuh bersama semua tanaman air tawar lainnya, selama Anda menghindari kepadatan.

Ketentuan & Persyaratan Vallisneria Spiral

Merawat Vallisneria spiralis itu mudah, dan spesies tanamannya adalah salah satu tanaman akuarium paling ramah pemula yang tersedia.

Di alam liar, V. spiralis terbiasa dengan danau dan kolam air tawar yang bergerak lambat, dengan akses yang baik ke sinar matahari. Saat ditanam di akuarium, Vallisneria lurus lebih menyukai tangki yang luas dengan pencahayaan yang terang, substrat berpasir, dan air yang relatif hangat.

Persyaratan Tangki

Habitat alami V. spiralis adalah perairan yang tenang atau beraliran lambat, seperti danau, sungai, lahan basah, dan anak sungai. Lurus Vallisneria lebih menyukai pencahayaan yang baik, substrat yang kaya nutrisi, dan perairan tropis atau subtropis.

Tanaman ini kuat dan mentolerir berbagai parameter air. Selama suhu air antara 59 dan 86°F, dan pH relatif netral, tanaman akan bertahan tanpa substrat atau pupuk khusus yang dibutuhkan.

Subspesies Vallisneria lurus yang berbeda memiliki ukuran yang berbeda, dan beberapa tanaman membutuhkan lebih banyak ruang daripada yang lain. Umumnya, Jenis tanaman Vallisneria spiralis ini membutuhkan ukuran tangki minimal 10 galon untuk tumbuh dengan nyaman.

Itu normal untuk Vallisneria lurus tumbuh perlahan selama dua bulan pertama setelah memasukkannya ke dalam tangki. Setelah tanaman beradaptasi dengan lingkungan barunya, ia akan tumbuh dengan cepat dan sehat.

Jika tanaman tumbuh terlalu besar untuk ruangnya di dalam tangki, pisahkan di akarnya dan lepaskan satu bagian dengan hati-hati.

Penempatan Tangki & Aquascaping

Jenis Tanaman Air Vallisneria spiralis paling cocok sebagai tanaman latar belakang akuarium karena tumbuh dari bawah ke atas tangki, jadi jika Anda menanamnya lebih jauh ke depan, Anda akan kehilangan pemandangan ikan.

Untuk penampilan terbaik, tanam tanaman V. spiralis dalam barisan di sepanjang bagian belakang tangki, dengan jarak yang sama antara satu sama lain. Lurus Vallisneria tumbuh dengan cepat, jadi sisakan beberapa inci ruang di antara setiap tanaman.

Memperkenalkan Vallisneria Spiralis di Akuarium

Idealnya, Anda harus mengkarantina Vallisneria spiralis sebelum memasukkannya ke tangki Anda untuk menghindari kontaminasi. Untuk mengkarantina tanaman:
  1. Benamkan V. spiralis dalam seember air. Tambahkan produk tanaman kondisioner air ke ember, ikuti instruksi pada botol
  2. Biarkan tanaman di dalam ember selama lima hari, ganti air dan tambahkan lebih banyak kondisioner air setiap hari
  3. Setelah lima hari, keluarkan tanaman dari ember dan cuci dengan air keran bersih
  4. Tanam V. spiralis di substrat di tangki Anda
V. spiralis membutuhkan substrat berpasir. Akar tanaman ke substrat, dengan daun tumbuh di atas. Untuk menanam Vallisneria lurus, gunakan pinset untuk menambatkan tanaman ke substrat, pastikan akarnya tertutup dengan baik. Atau, dorong tanaman ke dalam substrat dan putar agar tanaman dapat di-root dengan mudah.

Panduan Perawatan Tanaman Air Vallisneria

Menumbuhkan Vallisneria spiralis itu mudah. Ini adalah tanaman yang kuat yang dapat tumbuh di sebagian besar jenis substrat berpasir, tidak memerlukan nutrisi atau pupuk khusus, dan tumbuh di sebagian besar kondisi air. Karena ikan tidak memakan Vallisneria secara langsung, Anda tidak perlu khawatir untuk melindungi tanaman dari teman akuariumnya.

Nutrisi

Lurus Vallisneria dapat bertahan hidup dengan sedikit atau tanpa CO2, meskipun tanaman yang memiliki akses ke CO2 lebih sehat dan tumbuh lebih cepat. Selama Anda memiliki substrat yang kaya, pupuk dan suplemen tidak diperlukan untuk tanaman ini, tetapi suplemen tanaman zat besi dapat mendukung pertumbuhan yang sehat.

Pemeliharaan

V.allisneria spiralis adalah tanaman cepat tumbuh yang perlu sesekali dipangkas untuk mencegah pertumbuhan berlebih. Gunakan gunting pemangkas untuk memangkas lapisan atas daun yang tumbuh terlalu besar, mencegahnya membentuk lapisan dedaunan di permukaan air yang menghalangi cahaya masuk ke tangki. Jika V. spiralis Anda mulai tumbuh terlalu lebar untuk ruang di dalamnya, potong tanaman di akarnya dan pindahkan atau tanam kembali bagian yang terbelah.

V. spiralis tidak mungkin terkena penyakit kecuali jika kondisi airnya buruk atau tanaman dimasukkan ke dalam tangki dengan tidak benar. Beberapa penyakit dan masalah yang dapat menyerang tanaman ini adalah:

Warna kuning daun

Ketika Vallisneria lurus menerima pencahayaan yang buruk dan terlalu sedikit zat besi, ia rentan terhadap klorosis, yang menyebabkan daun menguning, layu, dan daun rontok. Rawat klorosis dengan menambahkan suplemen zat besi ke dalam air dan berinvestasi dalam pencahayaan tangki yang terang.

Membusuk

Ketika mahkota tanaman (tempat batang bertemu dengan akar) duduk terlalu dalam di bawah substrat, kemungkinan besar akan terjadi pembusukan akar. Pertumbuhan terhambat, daun berubah warna, dan layu adalah tanda-tanda pembusukan. Pastikan tanaman tidak terkubur terlalu dalam di pasir. Hanya akar yang harus berlabuh ke substrat.

Meleleh

Tanaman yang meleleh kehilangan sebagian atau seluruh daunnya. Biasanya, tanaman meleleh ketika mereka diperkenalkan ke lingkungan baru. Fluktuasi tingkat karbon dioksida dan parameter air juga menyebabkan pencairan, jadi pastikan kondisi tangki stabil jika pabrik Anda kehilangan daun. Ketika tanaman telah beradaptasi dengan kondisi barunya, ia harus pulih dan mulai mengirim pelari.

Perambatan

Anda tidak perlu memperbanyak (menumbuhkan tanaman baru dari) V. spiralis karena tanaman akan memperbanyak diri. Saat tanaman tumbuh, ia mengembangkan pelari yang dapat dipotong dan ditanam di tempat lain. Di alam liar, V. spiralis juga menghasilkan bunga dan biji untuk reproduksi, tetapi ini biasanya tidak terjadi di dalam akuarium.

Haruskah Anda Meletakkan jenis tanaman Vallisneria Spiralis untuk Akuarium Anda?

Vallisneria spiralis adalah tanaman air tawar yang ramah pemula dan mudah tumbuh yang menciptakan lingkungan seperti hutan yang subur dalam hitungan minggu.

Anda harus mendapatkan Vallisneria langsung jika Anda mencari tanaman kuat yang tidak membutuhkan banyak perawatan, dan ikan itu tidak suka makan.

Jangan mendapatkan V. spiralis jika tangki Anda berisi ikan agresif atau ikan yang tinggal di dasar yang menggali substrat karena ikan ini cenderung merusak tanaman.

Lurus Vallisneria sangat ideal untuk membuat aquascaping hutan, menyediakan tempat berlindung bagi ikan, menghilangkan kelebihan nutrisi dari air, dan berfungsi sebagai tempat mencari makan bagi penghuni akuarium.
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال

//Script Removing M=1