Memahami Susunan Filter Kolam Ikan Koi

susunan filter kolam koi
Gambar hanya ilustrasi

Pada kesempatan kali ini, timesiwak.com akan membagikan artikel mengenai memahami susunan filter kolam ikan koi. Selamat membaca.

Filter adalah bagian penting dari kolam Koi. Mengapa begitu penting? Karena bagi koi, kolam tanpa filter seperti tinggal di ruangan tanpa toilet.

{getToc} $title={Table of Contents}

Mengapa Anda membutuhkan filter untuk kolam Koi Anda?

Koi menghabiskan seluruh hidup mereka di kolam; dan mereka makan, tidur, dan buang air besar di sana. Bayangkan jika Anda menghabiskan seluruh hidup Anda di 1 kamar. Anda akan segera memiliki banyak sampah dan sisa makanan dan—harus pergi ke kamar mandi.

Jika Anda menempatkan diri Anda pada posisi Koi, mudah untuk memahami mengapa filter sangat penting untuk kolam. Namun, saya sering melihat kolam tanpa filter. Dalam banyak kasus, penghobi berpikir mereka memiliki filter berukuran bagus untuk kolam mereka; tapi ternyata tidak cukup besar sama sekali. Setiap kolam Koi harus memiliki sistem filter yang tepat agar Koi dapat hidup sehat dan nyaman.

Filtrasi mekanis vs. filtrasi biologis

Saat ini dalam aktifitas kami sehari-hari, kami hanya mengenal "filter" atau "sistem filter". Ada dua jenis kategori yaitu filtrasi-mekanis dan biologis. Penting untuk memahami perbedaan antara keduanya.

Dalam sistem filtrasi mekanis, filter secara fisik memisahkan dan menghilangkan limbah atau padatan apa pun. Ini seperti penyedot debu. Jika kita kembali ke contoh hidup hanya di satu ruangan, begitu ruangan itu kotor dengan sisa makanan dan sampah, Anda akan membersihkannya dengan penyedot debu. Namun permasalahannya, walaupun membuang sampah secara fisik membuat ruangan tampak bersih, sampah tersebut tetap akan meninggalkan udara yang tercemar di dalam ruangan. Di kolam Koi, padatan dapat dihilangkan secara fisik; dan airnya terlihat jernih. Tetapi zat beracun seperti amonia yang terlarut dalam air akan tetap ada. Inilah sebabnya mengapa sering dikatakan bahwa air jernih belum tentu air yang sehat. Zat padat dan zat beracun tidak hanya harus dihilangkan secara visual, tetapi juga diurai dan dimurnikan.

Ini membawa kita ke jenis filtrasi kedua—filtrasi biologis. Dalam sistem filtrasi biologis, yang kami gunakan hanya dengan bantuan bakteri. Bakteri ini berfungsi untuk (nitrifikasi) mendetoksifikasi atau membuang zat yang berbahaya dan memurnikan kondisi air di kolam.

Jenis sistem filter

Ada banyak jenis filtrasi mekanis. Saringan dan RDF (Rotating Drum Filter) sangat populer saat ini. Keduanya menggunakan saringan berukuran 200–300 mikron untuk menyaring air. Dengan sistem ini, keberadaan partikel kecil akan ditangkap, dan Anda akan mendapatkan air kolam anda menjadi jernih. Namun jika Anda lebih suka sistem otomatis, mungkin sistem RDF lebih cocok anda terapkan untuk kolam anda.

Sistem filter manik adalah yang lain. Ini mungkin sesuatu yang Anda lihat lebih sering. Sepertinya filter kolam renang. Filter manik dilengkapi dengan fungsi backwash sehingga Anda dapat membuang limbah yang terkumpul dari sistem tanpa membuat tangan Anda kotor. Filter ini juga menggunakan manik-manik kecil. Mereka memiliki banyak area permukaan untuk bakteri tumbuh. Jadi sistem ini memiliki beberapa fungsi biologis juga. Filter Alpha One adalah salah satu yang populer.

Dalam sistem filter biologis, untuk menumbuhkan bakteri nitrifikasi menggunakan bahan media filter . Tujuan utama media bukan untuk menyaring partikel, tetapi untuk menyediakan ruang hidup yang cukup bagi bakteri untuk tinggal. Jadi, penting bahwa media memiliki luas permukaan yang cukup dan tidak menyumbat. Ada banyak jenis media filter seperti tikar filter, bola bio, kuas, dan banyak lagi.
  • EvenFlow Bio-mats dirancang dengan sangat baik. Berkolaborasi dengan Musashino-giken Co. Ltd (produsen tikar filter Jepang), Mr. Mamoru Kodama, penulis buku Kokugyo, merancang tikar untuk memaksimalkan pertumbuhan bakteri dan meminimalkan penyumbatan.
  • Bola bio magnetik juga sangat efektif. Dengan teknologi yang dipatenkan, magnet disuntikkan ke dalam bola bio. Ini tidak hanya membantu pertumbuhan bakteri, tetapi juga memberi energi pada air.
Ada banyak produk yang menggunakan bio media ini.
  • BioStep 10 populer untuk kolam kecil.
  • Untuk kolam kecil hingga besar hingga 5000 galon, disarankan menggunakan Bio Clean dan Bio Clean Mini . Mereka sederhana, kompak, dan sangat mudah dikelola.
Kedua sistem filter baik mekanis maupun biologis, memiliki tujuan masing-masing. Jika kolam Anda besar, disarankan untuk menambahkan kedua jenis filter agar Anda dapat menikmati air yang jernih sambil mengetahui bahwa air Anda sehat. Kami menyarankan untuk anda memilih sistem filter biologis, jika harus memilih hanya satu untuk kolam Koi Anda, .

Cara mengukur filter Anda

Sangat disarankan untuk menggandakan ukuran filter untuk kolam Anda. Dengan kata lain, jika kolam Anda 1000 galon, silakan pasang filter yang menangani 2000 galon. Ukuran filter Anda idealnya didasarkan pada populasi Koi dan berapa banyak limbah yang akan dihasilkan. Tetapi tidak mudah untuk melihat volume sampah; jadi pergilah setidaknya dua kali lebih besar dari ukuran kolam Anda. Anda tidak akan pernah bisa membuat filter terlalu besar.

Menambahkan pompa udara juga penting. Bakteri nitrifikasi adalah bakteri aerob. Dengan kata lain, mereka membutuhkan oksigen. Jadi banyak aerasi di kolam sangat penting. (Ini juga mengapa media yang tersumbat itu buruk. Ini menghentikan suplai udara ke bakteri, dan mereka mati.) Bahkan jika Anda memiliki air terjun, dalam banyak kasus, itu tidak cukup. Menambahkan pompa udara, seperti Pompa Udara Medo , sangat disarankan.

Semoga blog ini bermanfaat untuk memahami susunan filter kolam ikan koi anda.
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak