Ciri Ciri Ikan Guppy Hamil dan Perawatan Benih Guppy

Ciri Ikan Guppy Hamil. Ikan guppy ( Poecilia reticulata ) merupakan ikan hias air tawar yang paling mudah untuk berkembang biak. Menjadi hobi yang menarik membiakkan ikan guppy karena ada begitu banyak jenis ikan guppy yang indah dan cantik di luar sana. Namun, mengetahui ciri-ciri ikan guppy betina hamil bisa sangat penting, terutama jika Anda ingin membesarkan bayi sebanyak mungkin.

Artikel ini akan mengulas semua yang perlu Anda ketahui tentang ciri ciri ikan guppy hamil. Jadi mari kita mulai!

ciri ciri ikan guppy hamil

{getToc} $title={Table of Contents}

Apakah Guppy betina saya Hamil?

Ini adalah pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh pemelihara ikan guppy pemula. Jika Anda merasa guppy Anda hamil, jangan khawatir, Anda berada di tempat yang tepat! Namun jika Anda baru mengenal guppy, sebaiknya luangkan waktu beberapa saat untuk mempelajari jenis kelamin ikan guppy berikut ini.

Guppies Jantan vs Betina – Apa Bedanya?

Mencari tahu apakah guppy Anda jantan atau betina bisa sangat mudah jika Anda tahu di mana mencarinya. Baca ulasannya dibawah ini :

Gonopodium

Cara terbaik untuk mengetahui apakah guppy Anda jantan atau betina yang pertama adalah dengan melihat sirip dubur di daerah perutnya. Ikan guppy jantan memiliki sirip dubur yang dimodifikasi yang terdiri dari 3 jari sirip yang menyatu. Struktur ini digunakan untuk mentransfer paket sperma ke ikan guppy betina.

Warna Tubuh

Ikan guppy betina dapat memiliki warna yang bagus, tetapi biasanya mereka tidak menunjukkan variasi warna yang menakjubkan yang dimiliki oleh jantan. Sebagian besar ikan guppy betina memiliki tubuh keperakan dengan beberapa warna dan tanda kusam.

Ukuran Tubuh

Ikan guppy betina tumbuh jauh lebih besar daripada jantan. Mereka bisa mencapai 2,5 inci, satu inci lebih besar dari jantan.

Ukuran & Bentuk Sirip

Pada kebanyakan kasus, guppy jantan memiliki sirip yang lebih panjang dan lebih berwarna daripada betina. Ikan guppy betina dapat memiliki beberapa warna pada sirip dan ekornya, tetapi biasanya cukup kusam dan siripnya cenderung lebih bulat.

Ciri ciri ikan guppy hamil

Ikan Guppy jantan dan betina sering dipelihara bersama di satu wadah, jadi jika Anda membeli betina dari akuarium campuran, kemungkinan besar guppy Anda hamil.

Mari kita lihat beberapa tanda fisik kehamilan atau ciri ciri ikan guppy hamil :

Gravid Spot

Titik gravid adalah tanda terbaik untuk memastikan apakah guppy betina Anda hamil. Titik gravid adalah tanda gelap di atas lubang dubur betina. Semua guppy betina dewasa memiliki bintik gravid, tetapi akan menjadi lebih besar dan lebih gelap pada betina hamil.

Ukuran Perut

Anda juga harus memperhatikan perubahan ukuran perut ikan guppy bunting. Ikan guppy hamil mengembangkan perut berbentuk kotak saat kehamilan berlangsung.

Jika Anda telah memperhatikan ciri ciri ini pada ikan guppy kalian, selamat, Anda memiliki guppy betina yang sedang hamil! Hal berikutnya yang mungkin Anda ingin tahu adalah kapan Anda bisa mengharapkan bayi ikan guppy lahir, jadi mari kita bahas!

Tahapan Kehamilan Guppy

Kehamilan guppy dapat dibagi menjadi beberapa tahap. Memahami berbagai tahap kehamilan guppy akan membantu Anda mempersiapkan kelahiran dan membantu Anda bersiap untuk merawat bayi guppy. 

Fase 1. Perkawinan

Tahap pertama kehamilan guppy adalah kawin, dan perilaku pengembangbiakan guppy sebenarnya bisa menarik untuk ditonton. Ikan guppy jantan tidak memiliki semua warna yang indah dan sirip yang mewah secara cuma-cuma, mereka menggunakannya untuk membuat betina terkesan!

Ikan guppy jantan dapat kawin pada usia sekitar 2 bulan ketika mereka akan mulai pamer dan menunjukkan kepada ikan betina dengan berenang di sekitar mereka dan melebarkan siripnya dalam ritual kawin.

Jika betina tertarik, sebenarnya proses kawin akan berlangsung sangat cepat. Jantan akan memiringkan gonopodiumnya ke depan dan menggunakannya untuk mentransfer paket sperma ke kloaka ikan betina.

Fase 2. Perkembangan Awal

Setelah kawin, betina akan memiliki perut yang rata. Seminggu memasuki kehamilannya, perutnya akan mulai terlihat bulat. Titik gravidnya tidak terlalu menonjol atau gelap pada tahap ini.

Fase 3. Fase Pertumbuhan

Saat kehamilan berlanjut selama dua minggu ke depan, perut guppy hamil Anda akan menjadi lebih besar sampai titik gravid menjadi sangat terlihat pada minggu ketiga.

Fase 4. Kehamilan Lanjut

Pada minggu keempat, ikan guppy betina akan terlihat jelas hamil. Perutnya besar dan berbentuk kotak saat ini, dan dia hampir siap untuk melahirkan. Perhatikan ciri ciri ikan guppy hamil Anda akan segera melahirkan :
  • Guppy betina yang sedang hamil mencari tempat yang terlindung untuk melahirkan sekitar satu hari sebelum melahirkan.
  • Dia akan bernapas dengan cepat, sering di permukaan.
  • Anda bahkan mungkin bisa melihat mata gelap bayi ikan melalui perut induk guppy

Fase 5. Kelahiran

Lama kehamilan guppy yang khas adalah 25-35 hari. Dengan begitu banyak tumpang tindih, sulit untuk merencanakannya pada hari yang tepat, tetapi melihat tanda-tanda di tahap 4 dapat membantu Anda tetap siap.

Butuh beberapa jam bagi guppy hamil untuk melahirkan semua bayinya. Benih guppy meringkuk dalam bola ketika mereka lahir tetapi mereka akan segera mulai berenang jika mereka sehat.

Setelah melahirkan, guppy betina Anda dapat menghasilkan anakan baru setelah sekitar satu bulan. Dia bisa melakukan ini tanpa kawin lagi dengan guppy jantan karena dia bisa menyimpan sperma selama berbulan-bulan.

Cara Merawat Benih Guppy 

Di bagian ini, saya akan mengajari Anda dasar-dasar merawat benih ikan guppy Anda. Mari lanjut membacanya!

Pengaturan & Parameter Tangki

Guppies adalah ikan yang mudah beradaptasi yang tidak memiliki persyaratan khusus dalam hal pengaturan tangki. Tangki sepuluh galon atau lebih besar sangat ideal untuk memelihara guppy.

Ikan guppy dapat disimpan di akuarium bagian bawah, atau di atas substrat pilihan Anda, tetapi Anda harus menggunakan penutup/penutup akuarium untuk mencegah ikan Anda melompat keluar.

Guppies adalah ikan akuarium yang relatif kuat, tetapi mereka lebih menyukai kisaran parameter air berikut:
  • pH : 7-8
  • Kekerasan : 8-12 dGH
  • Amonia : 0 ppm
  • Nitrit : 0 ppm
  • Nitrat : < 20 ppm

Pemanasan

Guppy dewasa dapat bertahan hidup di berbagai suhu air, tetapi saya sangat menyarankan menggunakan pemanas untuk memberikan suhu air yang sempurna untuk guppy hamil dan burayaknya.

Suhu ideal untuk guppy hamil Anda adalah antara 76°F dan 80°F dan bayi guppy akan baik-baik saja pada suhu yang sama. Pastikan Anda mengambil pemanas yang sesuai dengan ukuran tangki dan termometer untuk mengawasi suhu sebenarnya.

Penyaringan

Filtrasi adalah sesuatu yang tidak diperhatikan oleh banyak peternak guppy pemula. Bayi guppy bukanlah perenang yang kuat, jadi Anda sebaiknya menggunakan filter yang menciptakan gerakan air yang rendah di akuarium mereka.

Benih juga sangat rentan tersedot ke filter daya , jadi pastikan untuk melindungi bayi ikan dengan menempatkan spons atau prafilter di atas asupan filter. Filter terbaik yang digunakan saat beternak guppy adalah filter spons .

Pemeliharaan Tangki

Guppy dan burayak yang hamil bisa sangat sensitif terhadap kualitas air yang buruk. Penggantian air mingguan 25% disarankan untuk menjaga kadar nitrat Anda tetap rendah dan juga akan memungkinkan Anda untuk menyedot limbah dari dasar tangki.

Menyediakan Penutup

Solusi paling sederhana adalah dengan menyediakan banyak penutup di mana bayi dapat bersembunyi saat mereka tumbuh. Tanaman hidup seperti rumput guppy dan lumut Jawa adalah yang terbaik untuk ini, tetapi ornamen dan gua juga bisa bekerja dengan baik.

Menanam tanaman hidup menyediakan sumber makanan yang sangat baik untuk bayi ikan, yang akan memakan mikroorganisme yang hidup di daun. Anda akan membutuhkan lampu akuarium untuk berhasil menumbuhkan tanaman, tentu saja.

Pencahayaan akuarium standar akan baik-baik saja untuk tanaman yang mudah seperti rumput guppy, meskipun Anda ingin mengatur lampu Anda pada pengatur waktu 6-8 jam per hari dan memberi mereka pupuk agar mereka tumbuh dengan baik.

Siapkan Tangki Pembibitan Terpisah

Untuk pemelihara ikan yang ingin serius dalam membudidayakan guppy, tangki terpisah adalah cara terbaik. Ini memungkinkan Anda untuk memisahkan bayi ikan guppy dari ikan lain yang akan melihatnya sebagai camilan lezat. Cara ini bisa sangat menegangkan bagi guppy betina yang sedang hamil, tetapi cara ini jelas mengurangi kemungkinan burayak guppy Anda dimakan.

Ikan guppy dewasa tidak memerlukan tangki yang besar, dan Anda dapat dengan mudah memelihara tiga ekor ikan dalam pengaturan 5 hingga 10 galon dan membesarkan benihnya dalam tangki pembesaran 15-20 galon. Setelah guppy betina hamil, Anda dapat memindahkannya ke tangki beranak yang lebih besar sampai ia melahirkan. Betina dapat dipindahkan kembali ke tangki pembiakan terpisah setelah benih lahir.

Penataan bagian bawah akuarium biarkan kosong adalah yang terbaik untuk tangki pembesaran benih karena lebih mudah dibersihkan dan memudahkan untuk melihat dan menghitung benih ikan guppy Anda. Tangki ini harus dilengkapi dengan filter spons lembut, dan pemanas, dan termasuk beberapa lumut jawa atau rumput guppy.

Gunakan wadah Pembibitan

Dimungkinkan untuk membiarkan guppy betina Anda melahirkan di tangki utama Anda, tetapi tetap menjaga agar guppy yang baru lahir aman dari mulut yang lapar. wadah pembibitan memungkinkan Anda untuk memisahkan ikan guppy betina yang sedang hamil dari benihnya segera setelah mereka melahirkan.

Benih yang sehat dapat berenang ke ruang terpisah di mana ikan lain tidak dapat menjangkau mereka. Benih muda dapat disimpan di kotak pembiakan selama beberapa hari tetapi harus dipindahkan ke tempat yang aman atau dilepaskan ke dalam tangki dengan banyak penutup setelah itu.

Memberi Makan Guppy Hamil Anda

Ikan guppy mudah diberi makan karena mereka tumbuh subur dengan pola makan serpihan ikan berkualitas tinggi. Namun, guppy yang hamil harus diberi makanan yang lebih seimbang untuk memastikan kesehatan dan pertumbuhan burayak.

Ikan guppy betina adalah ikan omnivora, jadi beri mereka makan serpihan ikan, udang air asin beku, dan sedikit sayuran rebus agar mereka tetap dalam kondisi prima.

Cara Menghindari Ikan Guppy Hamil

Jika Anda tidak ingin guppy berkembang biak, Anda harus memisahkan betina dari guppy jantan, tetapi perlu diketahui bahwa guppy betina masih ada kemungkinan hamil lagi setelah kawin tunggal. Pertimbangkan untuk memelihara hanya pejantan jika Anda belum membeli guppy dan Anda benar-benar tidak ingin mereka berkembang biak.

FAQ (Pertanyaan yang sering ditanyakan)

Berapa lama guppy hamil?

Sebagian besar ikan guppy betina akan hamil selama 21 – 31 hari, meskipun terkadang guppy yang hamil akan mengandung bayi selama 35 hari.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan guppy untuk melahirkan?

Ikan guppy sering kali melahirkan selama berjam-jam, tetapi itu sangat tergantung pada berapa banyak benih yang dibawa oleh guppy hamil Anda.

Berapa banyak bayi yang dimiliki guppy hamil?

Guppies biasanya melahirkan antara 5 dan 50 bayi. Faktor terpenting yang menentukan jumlah bayi yang dapat ia hasilkan adalah ukuran tubuhnya. Beberapa guppy betina telah melahirkan lebih dari 200 benih dalam satu tandu!

Apakah semua ikan guppy betina memiliki bintik gravid?

Semua ikan guppy betina memiliki gravid spot, baik sedang hamil atau tidak. Ini mungkin tidak terlihat pada breed berwarna gelap seperti tuxedo guppy. Area gelap ini menjadi jauh lebih besar dan lebih terlihat saat ikan guppy betina hamil.

Bagaimana cara mengetahui apakah guppy sedang hamil?

Penanda terbaik yang harus diwaspadai pada guppy hamil adalah tanda besar dan gelap (titik gravid) tepat di atas lubang dubur betina. Perut guppy Anda juga akan membesar dan berbentuk kotak seiring pertumbuhan bayi.

Mengapa titik gravid guppy hamil saya berwarna oranye?

Tempat gravid guppy hamil biasanya lebih gelap daripada bagian perutnya yang lain. Bintik ini dapat berkisar dari oranye hingga hitam, tergantung pada tahap kehamilannya dan bahkan jumlah cahaya di akuarium.


Semoga apa yang sudah kami bahas pada artikel Ciri ciri ikan guppy hamil ini bermanfaat untuk pembaca. Tetap setia membaca artikel kami ya.. Sampai jumpa pada pembahasan menarik artikel selanjutnya. Salam hangat dari admin timesiwak.com
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال

//Script Removing M=1