🐠 Penyebab ikan terinfeksi jenis parasit ini

Penyebab ikan terinfeksi jenis parasit ini

Penyebab ikan terinfeksi jenis parasit ini - Timesiwak.comMakhluk kecil yang dikenal sebagai parasit membutuhkan satu atau lebih inang untuk menyelesaikan siklus hidupnya. Mereka sering tidak dapat bertahan hidup tanpa inang mereka. Kehadiran mereka mungkin atau mungkin tidak memiliki pengaruh pada kesehatan hewan inang.

{getToc} $title={Table of Contents}

Parasit apa yang dapat ditularkan ikan ke manusia?

Cacing gelang (nematoda), cacing pipih atau cacing (trematoda), dan cacing pita (cestodes) adalah tiga bentuk parasit ikan yang menjadi perhatian bagi kesehatan masyarakat.

Cacing gelang yang paling banyak menyebabkan infeksi pada manusia berasal dari famili Anisakidae dan termasuk Anisakis spp., Pseudoterranova spp., Phocascaris spp., dan Contracaecum spp. Cacing cacing hati famili Opisthorchiidae dan beberapa spesies cacing cacing usus dari famili Heterophyidae dan Echinostomatidae adalah cacing pipih atau cacing yang paling sering menginfeksi manusia. Genus Diphylloborothrium paling sering menyebabkan infeksi pada manusia yang disebabkan oleh cacing pita ikan.

Apakah ikan dari air tawar dan air asin bisa terkena parasit ?

Baik ikan air tawar maupun air asin memiliki kemampuan untuk menginfeksi manusia dengan parasit. Ikan cacing gelang ditemukan pada ikan air asin dari semua lautan, tetapi ikan cacing pita ditemukan pada ikan air tawar dari perairan dingin.  Sebaliknya, ikan air tawar di laut beriklim sedang dan hangat biasanya dikaitkan dengan cacing pipih atau cacing.

Bagaimana ikan terinfeksi ?

Ketika ikan yang memakan inang perantara, maka parasit dipindahkan ke ikan tersebut.  Hewan laut pemakan ikan termasuk anjing laut dan lumba -lumba serta burung kormoran dan burung camar adalah inang definitif bagi cacing gelang ikan. Dalam kotorannya, inang ini mengeluarkan telur, yang berkembang menjadi larva di dalam air. Crustacea kecil seperti udang, kepiting melahap larva, yang kemudian dikonsumsi oleh cumi - cumi dan ikan. 

Setelah itu, larva menembus dinding usus dan masuk ke dalam jaringan otot, di mana mereka menjadi berkapsul dan mampu bertahan hidup untuk waktu yang lama. Ikan juga dapat memiliki cacing hidup yang mencapai usus dan sering terlihat pada dagingnya.

Bagaimana parasit ikan berpindah ke manusia ?

Infeksi pada manusia terkait dengan memakan ikan yang memiliki parasit hidup di dalamnya.  Parasit tidak ' dirancang ' untuk hidup pada manusia karena kita bukan mamalia air.  Oleh karena itu, manusia dianggap sebagai tuan rumah yang tidak disengaja dalam hal ini .

Apa dampak infeksi parasit ikan terhadap kesehatan manusia ?

Anisakiasis adalah penyakit yang disebabkan oleh cacing gelang ikan pada manusia. "Gejala penyakit ini termasuk ketidaknyamanan perut, mual, muntah, perut kembung, diare, darah dan lendir dalam tinja , dan demam sedang", menurut Pusat Pengendalian Penyakit di Amerika Serikat. Gejala alergi, termasuk kemerahan dan gatal, dan dalam kasus yang jarang terjadi, anafilaksis, dapat terjadi.

Apa pengaruh infeksi parasit ikan terhadap kesehatan manusia ?

Anisakiasis

Adalah penyakit yang dibawa oleh cacing gelang ikan pada manusia. "Gejala penyakit ini termasuk ketidaknyamanan perut, mual, muntah, perut kembung, diare, darah dan lendir dalam tinja, dan demam sedang", menurut Pusat Pengendalian Penyakit di Amerika Serikat. Gejala alergi, termasuk kemerahan dan gatal, dan, dalam kasus yang jarang terjadi, anafilaksis, dapat terjadi.

Trematodosis

Adalah penyakit yang didapat dari ikan cacing pipih atau cacing.  Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan bahwa karena infeksi awal dan ringan seringkali tanpa gejala atau hampir tidak menunjukkan gejala, mereka tidak terdiagnosis. Di sisi lain, jika infeksi cacing berlebihan, malaise umum dan ketidaknyamanan yang parah, terutama di perut , mungkin terjadi.

Infeksi kronis hampir sering disertai dengan morbiditas [penyakit] yang signifikan. Sebagian besar gejala bersifat spesifik organ dan mencerminkan posisi akhir cacing dewasa di dalam tubuh. Cacing dewasa menetap di saluran empedu yang lebih kecil dari hati dalam gangguan yang dikenal sebagai clonorchiasis dan opisthorchiasis, yang mengakibatkan peradangan dan fibrosis jaringan sekitarnya.

Diphyllobothriasis

Adalah penyakit yang dibawa pada manusia oleh cacing pita ikan. Ini "mungkin penyakit jangka panjang", menurut Pusat Pengendalian Penyakit di Amerika Serikat. Sebagian besar infeksi tidak menunjukkan gejala apapun. Sakit perut, diare, muntah, dan penurunan berat badan adalah gejala yang mungkin terjadi. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia pernisiosa. Penyumbatan usus dapat disebabkan oleh infeksi berat .

Bisakah parasit ikan menyebabkan reaksi alergi pada manusia ?

Menurut Otoritas Keamanan Pangan Eropa, satu - satunya parasit yang ditemukan dalam produk perikanan yang dapat memicu reaksi klinis adalah spesies gelang cacing A. simplex.  Ketika cacing jenis ini dipilih, reaksi alergi dapat terjadi baik mereka hidup atau, lebih jarang, mati. Meskipun diagnosis alergi yang tidak terdiagnosis tidak dapat sepenuhnya dikesampingkan, ini bukanlah penyebab yang sering.

Bagaimana ikan yang terinfeksi aman untuk kesehatan manusia ?

Metode pembekuan dan pemanasan dapat menghilangkan parasit ikan. Ikan harus dibekukan pada suhu -20 ° C selama minimal 24 jam atau -35 ° C selama minimal 15 jam untuk parasit (trematoda) selain cacing pipih atau cacing. Perlakuan pemanasan harus dilakukan pada suhu di atas 60 ° C setidaknya selama satu menit.

Opisthorchis spp. dan Clonorchis spp. larva cacing pipih atau cacing pipih dihancurkan dengan pembekuan selama lima hari pada suhu -10 °C. Sedangkan 3-4 hari diperlukan untuk membunuh larva Clonorchis sinensis yang dibekukan pada suhu -20°C dan 32 jam untuk membunuh larva Opisthorchis felinus yang dibekukan pada suhu -28°C. Otoritas Keamanan Pangan Eropa merekomendasikan pemusnahan larva Clonorchis dan Opisthorchis pada suhu 70°C selama 30 menit dalam Opininya tentang Parasit dalam Produk Perikanan.

Semoga apa yang sudah kami bahas pada artikel penyebab ikan terinfeksi jenis parasit ini bermanfaat untuk pembaca. Tetap setia membaca artikel kami ya.. Sampai jumpa pada pembahasan menarik artikel selanjutnya. Salam hangat dari admin timesiwak.com
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال

//Script Removing M=1