lingkungan air yang ideal untuk ikan hias

lingkungan air yang ideal untuk ikan hias

Lingkungan air yang ideal untuk ikan hias - Timesiwak.comMengingat banyaknya masyarakat yang memelihara Ikan Mas sebagai hewan peliharaan, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui jenis dan spesifikasi air untuk memelihara Ikan hias. Jika Anda salah satunya, tidak perlu khawatir. Artikel ini akan memuaskan kekhawatiran Anda tentang pemeliharaan Ikan hias dan akan membantu Anda menjaga Ikan Mas tetap bahagia dan sehat!

Ikan hias mas adalah ikan hias paling umum dan pertama yang muncul di benak Anda ketika berbicara tentang memelihara ikan. Spesies ikan hias yang luar biasa ini dapat ditemukan hampir di mana saja, dari sungai hingga danau hingga sungai. Mereka dapat bertahan hidup dalam suhu sedang dan tropis, tetapi memelihara mereka sebagai hewan peliharaan dapat menjadi risiko bagi mereka.

{getToc} $title={Table of Contents}

Orang-orang dituntun untuk percaya bahwa jika ikan ini dapat ditemukan di mana saja, mereka dapat dipelihara dalam kondisi apa pun. Di sinilah mereka salah, dan saya akan menyoroti bagaimana hal itu terjadi di artikel ini.

Kondisi Air Ideal Untuk Ikan Mas adalah sebagai berikut :

Suhu

Suhu ideal untuk Ikan Mas Anda berada di kisaran 68-74 °F atau 20-23 °C. Namun, beberapa Ikan Mas juga diketahui dapat bertahan hidup pada suhu beku, tetapi mereka sebagian besar beradaptasi dengan kondisi tersebut, setelah tinggal di kolam dan danau tersebut untuk sementara waktu . Di sisi lain, beberapa Ikan Mas juga dapat bertahan hidup pada suhu yang sangat tinggi, tetapi itu juga terbatas pada lingkungan mereka dan dapat mengakibatkan rentang hidup yang lebih pendek. Oleh karena itu, yang terbaik adalah menjaga Ikan Mas Anda di kisaran 20-23 °C, karena ini adalah suhu teraman bagi mereka.

pH

Karena Ikan Mas adalah spesies ikan air tawar, mereka dapat hidup pada kisaran pH 7 hingga 8,4. Namun, sangat ideal untuk menyimpannya dalam air dengan pH 7,4. Penurunan pH yang terlalu tiba-tiba dapat menyebabkan Ikan Mas Anda stres, jadi pastikan tingkat pH tidak pernah berubah terlalu drastis.

Kekerasan air

Ini adalah ukuran kandungan mineral air. Adalah baik untuk memiliki mineral tertentu di dalam air untuk pertumbuhan Ikan Mas Anda, tetapi kandungan mineral yang berlebihan dapat berbahaya bagi ikan ini. Dalam satuan General Hardness atau GH, 200-400 ppm adalah GH yang ideal untuk Ikan Mas Anda. Jika ini membingungkan Anda, lewati saja persyaratan ini, dan fokuslah pada pemeliharaan suhu dan pH air akuarium untuk Ikan Mas Anda , karena keduanya adalah elemen yang paling penting.

Memelihara Ikan Mas di Air Keran

Kesalahan pertama dan paling umum yang dilakukan orang saat memelihara Ikan Mas sebagai hewan peliharaan, adalah menyimpannya di air ledeng. Jika Anda melakukan ini dan bertanya-tanya mengapa Ikan Mas Anda tidak akan bertahan hidup, Anda mungkin tanpa sadar membunuh mereka sendiri. Inilah alasannya:

Klorin dan Kloramin

Untuk tujuan pembersihan, otoritas distribusi air menambahkan klorin ke dalam air. Jadi, air keran yang kita minum dan gunakan dalam kehidupan sehari-hari mengandung klorin dan senyawanya dengan Nitrogen, yaitu Kloramin. Karena digunakan untuk mendisinfeksi air agar aman untuk kita minum, pada dasarnya ini bukan pilihan yang sangat baik untuk Ikan Mas Anda. Klorin dan Kloramin membunuh bakteri di dalam air yang mungkin baik untuk ikan Anda. Ini menghambat proses bersepeda, yang mengubah limbah berbahaya Amoniak dari Ikan Mas menjadi bahan kimia yang kurang berbahaya. Tidak adanya bakteri sama sekali akan menghentikan proses ini dan dapat menyebabkan Ikan Mas Anda mati karena keracunan Amoniak .

Logam Berat

Air keran yang tidak diolah mengandung sejumlah besar elemen logam yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, tetapi keberadaannya tidak dapat disangkal. Logam seperti Kadmium, Timbal, dan Seng sebagian besar ada dalam air keran. Logam-logam ini beracun bagi Ikan Mas dan dapat menyebabkan fungsi insangnya runtuh dan menyebabkan mereka mati.

Nitrit

Nitrit dan nitrat diproduksi karena pemecahan amonia selama proses siklus. Sementara nitrat, dalam jumlah yang sangat kecil, baik untuk kesehatan Ikan Mas Anda, nitrit bisa sangat berbahaya. Air keran juga dapat mengandung nitrat yang dapat menyebabkan Penyakit Darah Coklat pada Ikan Mas Anda, yang dapat mengubah darah Ikan Mas Anda menjadi warna coklat tua dan dapat mematikan.

Ikan mas sangat pemilih dalam hal air, dan air keran adalah yang paling tidak disukai. Bayangkan dipaksa untuk hidup di lingkungan, di mana Anda harus menghirup gas beracun sepanjang waktu. Saya telah melihat Ikan Mas mencoba melarikan diri dari air keran, dengan terengah-engah di permukaan tangki air mereka dan bahkan melompat keluar dari tangki. Jadi, ini adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan pada Ikan Mas dengan menyimpannya di air ledeng.

Memelihara Ikan Mas di Air Botol

Untuk orang-orang yang mengetahui bahwa air keran dapat berbahaya bagi ikan mereka, mereka bertanya apakah mereka dapat menggunakan air kemasan dan mata air sebagai gantinya. Jawabannya iya. Anda dapat menggunakan air kemasan dan mata air untuk Ikan Mas Anda, tetapi itu juga memiliki beberapa batasan:
  • Pastikan air yang Anda gunakan bebas dari Chlorine dan Chloramines.
  • Uji kesadahan air dari mata air untuk memeriksa logam berat.
  • Klorin yang ditambahkan ke air kemasan dapat dihilangkan, tetapi kloramin perlu diperlakukan dengan benar.
  • Ini bisa menjadi sangat mahal jika Anda melayani tangki dan akuarium besar.

Memelihara Ikan Mas di Air Suling

Air suling adalah bentuk air paling murni yang tersedia. Tapi mungkin terlalu murni untuk menyimpan Ikan Mas Anda, karena mereka membutuhkan mineral dan bakteri yang cukup untuk berfungsi dengan baik. Air suling dapat digunakan untuk tangki Ikan Mas Anda jika Anda dapat menambahkan mineral ke dalamnya. Ini juga dapat digunakan ketika air di tangki ikan Anda telah menguap dan menjadi terkonsentrasi pada mineral. Saya, secara pribadi, tidak merekomendasikan menggunakan air suling karena tidak hanya mahal tetapi juga menghilangkan kandungan mineral penting Ikan Mas Anda.


Bagaimana Mengatur Air yang Sempurna untuk Ikan Mas Anda ?

Kondisi air yang sempurna mencakup suhu, pH, dan kandungan mineral yang sesuai untuk Ikan Mas Anda. Inilah cara memastikannya:

Suhu

Pemanas dapat digunakan untuk menjaga suhu tangki Ikan Mas Anda. Pemanas mudah tersedia di Amazon, dan Anda dapat membeli yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Yang terbaik adalah pemanas yang Anda beli dilengkapi dengan termostat juga. Termostat mendeteksi perubahan dan penyimpangan suhu dari kisaran yang diperlukan dan meminta pemanas untuk mengembalikan suhu ke tingkat optimal.

pH

Perubahan dan pengujian air secara teratur dapat membantu Anda mencapai pH ideal untuk Ikan Mas Anda. Jika pH air tangki terlalu tinggi dari yang dibutuhkan, Anda dapat menggunakan kayu apung dan daun almond untuk menurunkannya. Jika pH turun terlalu rendah, Anda dapat membuang kayu apung, dan menggunakan rumput laut dan batu kapur untuk menaikkannya kembali ke tingkat optimal.

Air Aman dan Bebas Polutan

Ini dapat dilakukan dengan dua cara, yang mahal dan yang ekonomis.

Membeli air olahan dari toko hewan peliharaan

Ini dapat dilakukan jika Anda memiliki mangkuk ikan kecil untuk diisi, tetapi ini bisa sangat mahal jika Anda memiliki tangki ikan atau akuarium.

Mengolah air keran Anda sendiri untuk membuatnya layak huni untuk Ikan Mas Anda

Cara termudah untuk menyediakan air yang baik untuk Ikan Mas Anda adalah dengan menggunakan air keran Anda dan membuatnya tidak terlalu sengsara bagi mereka untuk hidup.

Mengolah Air Keran untuk Ikan Mas Anda

Ada beberapa teknik untuk mengolah air keran agar berfungsi untuk Ikan Mas. Saya telah mencoba membuat daftar beberapa untuk Anda ikuti:

Sodium Thiosulfate

Satu atau dua tetes Sodium Thiosulfate membunuh molekul klorin dan kloramin di dalam air. Ini dapat dengan mudah dibeli dari rak dari toko hewan peliharaan atau apotek.

Degassing

Teknik ini cocok untuk air yang mengandung klorin. Air keran harus dibiarkan dalam ember atau wadah terbuka selama satu atau dua hari. Saya sarankan Anda menyimpannya selama sekitar 36 jam. Ini akan menyebabkan klorin menguap dari permukaan air, membuat air keran Anda bebas klorin. Namun, teknik ini tidak berhasil menghilangkan Kloramin dari air keran, oleh karena itu tidak disarankan.

Pendingin Air

Ini juga sudah tersedia di toko hewan peliharaan. Sebuah kondisioner air menetralkan molekul Klorin dan Kloramin di dalam air untuk membuat air aman bagi Ikan Mas. Beberapa kondisioner air mungkin termasuk penguat mantel stres yang juga menjaga Ikan Mas kebal dari penyakit. Pastikan Anda membeli yang menetralkan Klorin dan Kloramin juga.

Garam Akuarium

Menambahkan garam laut juga dapat meningkatkan kualitas tangki air. Ini dapat ditambahkan sebagai tambahan pada kondisioner air karena membantu meningkatkan fungsi pernapasan Ikan Mas Anda.

Mencegah Kualitas Air yang Buruk

Anda tentu dapat mencegah Goldish Anda hidup di air kotor dengan mengikuti aturan sederhana dan mendasar ini :

Banyak Air

Ikan mas suka memiliki ruang pribadi mereka sendiri dan yang terbaik adalah menyimpannya di tangki besar dengan banyak air untuk mereka jelajahi. Ini tidak hanya akan membuat mereka senang tetapi juga akan mencegah kualitas air yang buruk karena ada lebih banyak air. air untuk bernapas masuk dan keluar, menjaga konsentrasi limbah minimal. Idealnya, satu Ikan Mas membutuhkan sekitar 10 galon air. Jadi, jika Anda ingin menyimpan lebih banyak, pastikan untuk membeli tangki yang lebih besar dengan air yang cukup.

Penggantian Air Secara Teratur

Yang terbaik adalah mengganti air di tangki Ikan Mas Anda setiap dua minggu sekali. Ini akan mencegah penumpukan limbah dan polutan serta menjaga lingkungan yang sehat untuk Ikan Mas Anda.

Menguji Kondisi Air

Yang terbaik adalah terus memeriksa kondisi air tangki Ikan Mas Anda. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan meteran dan alat uji yang berbeda.

Termometer

Ini akan membantu Anda mengukur suhu tangki Ikan Mas Anda.

pH meter/strip

Ini akan mengukur tingkat pH air di tangki Ikan Mas.

Kit Amoniak

Kit ini menguji konsentrasi amonia di tangki air dan sangat membantu karena amonia dapat berbahaya bagi Ikan Mas jika tidak dibuang.

Mengganti Air Tangki Ikan Mas Anda

Saya membagikan beberapa langkah mudah untuk Anda ikuti, yang saya ikuti sendiri, untuk mengganti air di tangki Ikan Mas. Pastikan untuk membawa ember untuk menampung air lama yang akan Anda keluarkan dari tangki. Sekarang, ikuti langkah-langkah di bawah ini :
  • Gunakan penyedot debu untuk membersihkan kotoran yang berlebihan dan untuk menghilangkan kerikil dari lantai akuarium atau tangki Anda.
  • Matikan semua elektronik di tangki Anda, seperti pemanas, lampu, pompa, dll. sebelum mengeluarkan air.
  • Vakum sekitar sepertiga volume air di dalam tangki, ke dalam ember. Pastikan Anda tidak mengeluarkan lebih dari sepertiga dari 30% air dari tangki.
  • Pemelihara ikan membuat kesalahan dengan membilas spons filter dengan air keran. Jangan lakukan ini. Sebagai gantinya, bilas spons di air lama yang baru saja Anda sedot.
  • Sekarang, isi kembali tangki Anda dengan jumlah air yang sebelumnya telah Anda keluarkan. Anda dapat mengisi kembali tangki Anda dengan air keran yang telah dihilangkan gasnya. Tapi saya lebih suka menggunakan air keran dengan kondisioner air, karena lebih mudah, lebih cepat, dan efektif dalam menghilangkan Kloramin juga.
  • Pastikan Anda menuangkan air ke dalam tangki secara perlahan; karena akan membantu Ikan Mas Anda menyesuaikan diri dengan suhu air yang berbeda yang ditambahkan.

Intinya tentang Air Terbaik Untuk Ikan Mas

Memelihara Ikan Mas bisa mudah jika Anda memahami apa persyaratan Ikan Mas Anda. Yang mereka butuhkan hanyalah air bersih dan aman serta suhu dan kondisi pH yang sesuai. Ingatlah bahwa Klorin dan Kloramin sangat berbahaya bagi Ikan Mas Anda, jadi jangan terus membunuh mereka dengan menggunakan air keran yang tidak diolah.

Semoga apa yang sudah kami bahas pada artikel 
Lingkungan air yang ideal untuk ikan hias ini bermanfaat untuk pembaca. Tetap setia membaca artikel kami ya.. Sampai jumpa pada pembahasan menarik artikel selanjutnya. Salam hangat dari admin timesiwak.com
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال

//Script Removing M=1